5 Tips Melahirkan Secara Normal Bagi Ibu Hamil

Tips Melahirkan Secara Normal Bagi Ibu Hamil – Tindakan operasi caesar merupakan pilihan proses melahirkan bukan lewat jalan normal, namun dengan membuat sayatan di perut atau uterus. Pada umumnya operasi caesar, acapkali memang janin tak dapat keluar dengan normal lewat saluran lahir.

Agar ancaman kesehatan terhadap janin dan ibu bisa diminimalkan maka diambil operasi caesar pada ibu hamil. Operasi caesar sesungguhnya adalah langkah darurat yang cuma bisa dilakukan saat janin tidak dapat keluar melalui jalan lahir dengan normal. Memang saat operasi dilaksanakan, sang ibu tak merasakan sakit, namun setelahnya baru rasa nyeri mulai dirasakan hingga berhari-hari.

Tips Melahirkan Secara Normal Bagi Ibu Hamil

Tips Melahirkan Normal dan Lancar

Sesudah Anda paham dengan resiko dari pilihan operasi caesar, Anda yang saat ini sedang hamil dapat menghindarkan diri dari kemungkinan melahirkan dengan operasi caesar. Kebahagiaan seorang ibu pastinya jika dapat melahirkan buah hati secara normal.


Advertisement

Untuk itu berikut beberapa tips melahirkan secara normal yang bisa anda lakukan :

– Jalankan pemeriksaan teratur ke dokter kandungan pilihan Anda untuk memastikan kondisi dan pertumbuhan sang jabang bayi. Jika semuanya berada di posisi normal maka pastinya Anda akan bisa melakukan persalinan dengan normal. Dan jika muncul masalah, Anda masih memiliki waktu untuk mengembalikan ke kondisi normal hingga hari H kelahiran.

– Dapatkan keterangan jelas mengenai operasi caesar, tidak cuma dari ibu-ibu yang sudah pernah menjalaninya saja namun juga dari buku valid. Dengan begitu paling kurang Anda akan memperoleh gambaran tentang kemungkinan yang akan dialami.

– Lakukan latihan senam ibu hamil yang sangat membantu ibu hamil menjaga kesehatan kandungan mereka dan juga kebugaran tubuh. Kecuali itu tidak sedikit ilmu yang dapat Anda pelajari ketika sesi senam tersebut. Dengan latihan pernafasan maka menjadikan tubuh makin santai sekaligus bisa meminimalkan timbulnya rasa capek dan nyeri yang terjadi saat persalinan.

– Tidak usah ragu-ragu untuk melakukan gerakan dan olahraga supaya otot di seputar pinggul dapat lebih lentur dan memudahkan saat persalinan normal berlangsung.

– Tinggalkan pemakaian alat Electronic Foetal Monitoring (EFM) yang malah akan memperbesar kemungkinan mengalami operasi caesar terhadap ibu hamil.