Cara Bayar BPJS Lengkap Baca di Sini!

Cara Bayar BPJS – Para peserta BPJS Kesehatan jalur Mandiri harus selalu melunasi premi tiap bulan. Bila terlambat mereka akan dikenakan denda sebesar 2 persen. Oleh karena itu bayarlah iuran BPJS Kesehatan ini jangan sampai melebihi tanggal 10 tiap bulannya. Besar kecilnya premi bulanan ini tergantung dari kelas rumah sakit yang dipilih saat pendaftaran. Bagaimana cara bayar BPJS?

Pihak BPJS telah menyediakan beberapa cara pembayarannya dimana peserta bisa memilih yang dirasa paling mudah. Berikut akan diberikan 5 opsi cara bayar BPJS mulai dari ATM bank hingga ke kantor pos :

cara bayar bpjs lewat atm

cara-bayar-bpjs

– Bayar BPJS lewat ATM bank.
Membayar premi BPJS melalui ATM bank bisa menggunakan ATM bank Mandiri, ATM bank BNI dan ATM bank BRI. Cara bayar BPJS ini tentunya hanya bisa dilakukan oleh peserta yang juga sebagai nasabah dari salah satu bank tadi.

Untuk nasabah bank Mandiri misalnya, pertama akses ATM bank Mandiri dengan measukkan kartu dan mengetikkan PIN. Lalu pilih menu “Bayar/Beli” dan pilih menu “Lainnya”. Dilanjut dengan memilih menu “BPJS” dan kemudian menu “BPJS Kesehatan”.


Advertisement

Selanjutnya pilih menu “Individu” dan ketikkan kode 89888 diikuti Nomor Virtual Account (nomor kartu BPJS), tekan “Benar”. Ketikkan jumlah bulan yang hendak dibayarkan, bila hanya untuk satu bulan maka cukup ketikkan angka 1 dan tekan “Benar”. Konfirmasi pembayaran akan tertampil di layar, ketikkan angka 1 dan akhiri dengan tekan “Ya”.

– Bayar BPJS lewat internet banking
Peserta pun bisa memanfaatkan fasilitas internet banking dari ketiga bank tersebut. Cara ini pun hanya bisa digunakan jika peserta BPJS adalah nasabah dari salah satu bank tadi dan sudah mengaktifkan fitur internet banking. Untuk prosedurnya hampir sama saja dengan pembayaran lewat ATM dengan pilihan menu yang sama.

– Bayar BPJS lewat minimarket
Yaitu minimarket Indomaret dan Alfamart. Kedua minimarket ini semenjak akhir tahun 2015 sudah menjalin kerjasama dengan BPJS. Peserta tinggal membawa kartu BPJS, kemudian serahkan ke kasir dan bayar sejumlah uang sesuai besar premi bulanan yang harus dibayar. Cara bayar BPJS yang satu ini cocok bila digunakan oleh peserta yang kebetulan bukan sebagai nasabah ketiga bank di atas.

– Bayar BPJS lewat Teller bank
Silahkan melakukan pembayaran iuran BPJS langsung ke bank Mandiri atau bank BNI atau bank BRI dengan membawa kartu BPJS dan uang sesuai besarnya premi.

– Bayar BPJS lewat Kantor Pos
Kantor pos pun menawarkan layanan pembayaran iuran BPJS Kesehatan dengan cara yang mudah. Tinggal membawa kartu BPJS dan uang premi lalu serahkan ke petugas kantor pos, beliau yang akan memprosesnya.