Cara Buat SIM Online dengan Mudah

Cara Buat SIM Online – Polri dalam hal ini Korps Lalu Lintas (Korlantas) baru saja memperkenalkan layanan pembuatan SIM baru via online. Setahun yang lalu menang telah tersedia layanan SIM Online akan tetapi khusus untuk memperpanjang masa berlaku saja. Cara bikin SIM online dengan mudah untuk pemohon baru ini hanya mensyaratkan e-KTP dan dapat dilakukan dari mana saja. Lalu bagaimana cara buat SIM online baru ini?

Mula-mula pemohon mendaftar dengan mengakses layanan website Registrasi SIM Online di alamat http://sim.korlantas.polri.go.id. Pilih Bahasa Indonesia lalu klik pada tombol Pelayanan. Lalu pilih SIM baru atau perpanjangan dan juga tentukan golongan SIM yang dimohon. Isikan nomor hape, e-mail dan pilih lokasi tempat perpanjangan atau pendaftaran SIM yang diinginkan berserta tanggal datang.

Cara Bikim Sim Online

Cara Buat Sim Onlone


Advertisement

Lengkapi juga data-data lain yang diminta secara lengkap dan benar. Selanjutnya pemohon membayar biaya permohonan SIM Online baru lewat bank, mesin ATM atau menggunakan EDC BRI. Setelah itu pemohon datang ke Satpas atau layanan SIM Keliling yang sebelumnya sudah dipilih ketika melakukan pendaftaran online. Jangan lupa, siapkan dulu surat keterangan sehat dari dokter dan juga berkas-berkas lain seperti : KTP asli dan fotokopinya, SIM asli dan fotokopinya (bila perpanjangan). Pemohon akan diberikan kode booking menurut jadwal yang dikehendaki yang dikirimkan lewat email.

Pihak polri selanjutnya memeriksa data-data yang sudah didaftarkan di situs layanan SIM Online dan setelah cocok maka pemohon akan menjalani rekam identifikasi lalu verifikasi seperti difoto, diambil sidik jari serta pembubuhan tanda tangan. Langkah selanjutnya cara membuat SIM online yaitu pendaftar menempuh tes teori dan praktik sebagaimana pembuatan SIM baru yang telah lalu. Dan bila dalam ujian tersebut lulus maka langsung SIM Online tadi dikeluarkan.

Dengan menggunakan e-KTP masyarakat dapat mendaftar di mana saja di seluruh di Indonesia dan tak usah lagi harus pulang kampung sesuai dengan alamat di KTP seperti prosedur pembuatan SIM yang lama. Sistem SIM online ini secara tak langsung akan memutus mata rantai percaloan sebagai salah bentuk bersih-bersih diri polri yang selama ini dikeluhkan masyarakat banyak terjadi pungli. Selain layanan SIM Online, polri pun secara bersamaan meluncurkan e-tilang. Bila terkena tilang di jalan maka masyarakat dapat langsung membayar dendanya lewat bank atau mesin ATM terdekat sesudah memperoleh nomor registrasi tilang.