Cara Cek BB Asli Atau Refurbish

Cara Cek BB Asli Atau Refurbish – Perangkat BlackBerry (BB) benar-benar diminati sebagian besar kalangan. Anak-anak hingga orang tua sering dijumpai menenteng handset BB ini untuk sarana berkomunikasi. Harga yang kian murah menjadikan sebagian orang ingin menjajal kehebatan fitur-fitur yang terdapat di BlackBerry. Penjual smartphone BB pun makin banyak dijumpai dan tidak usah repot-repot membelinya lewat internet. Bila kita pergi ke mal maka deretan gerai ponsel pasti memajang aneka tipe BlackBerry ini di etalase toko mereka. Namun anda harus waspada jika akan membeli BB ini. Anda harus tahu keaslian BB yang hendak anda beli. Anda harus tahu cara cek BB asli atau palsu.

cara cek bb asli

Cara Cek BB Asli Atau Refurbish


Advertisement

Pertama yang harus anda perhatikan adalah dus kemasannya. BB yang asli memiliki cetakan yang halus, tercantum pemberitahuan hak paten dengan beberapa bahasa serta di sebelah kanan ditemukan stiker identitas handset. Dus dominan warna hitam dan cuma ada tulisan BlackBerry saja. Sementara BB refurbish atau rekondisi, dus kemasan memiliki kualitas cetakan kasar dan tanpa adanya notifikasi hak paten serta tak ada sticker identitas unit BB.

Kedua adalah dengan melihat logo saat perangkat pertama kali dihidupkan. Untuk BB resmi  tak ada logo di bodi, welcome screen dan internet browser kecuali Blackberry yang dibundling dengan kartu Indosat atau AXIS. Sedangkan pada BB palsu jika dicermati logo pada bodi, welcome screen dan internet browser tak sama dengan yang ada di kemasan. Biasanya hanya menggunakan theme standar saja.

Ketiga dengan cek IMEI. Bisa dicek di layanan numberingplans.com. BB asli akan match dengan device. Namun pada beberapa tipe BB belum di ada di database numbering plans. Pesan saat dicek di sana biasanya “This IMEI number might to be correct, but it is impossible to get this confirmed”.

Cara cek BB pun bisa dengan mengetahui status lifetime BlackBerry. Buka menu option dan status, kemudian ketikkan : BUYR. Status data lifetime akan menyajikan angka nol jika unit BB itu baru. Bila keluar Exceeding 120K dan voice usage exceeding 60 minutes itu artinya perangkat BB pernah dipakai.