Cara Cek Harddisk Gunakan 3 Aplikasi Berikut

Cara Cek Harddisk – Bila terjadi hardisk rusak di komputer atau laptop maka semua data di dalamnya bisa hilang. Kendati untuk kejadian tertentu hardisk bisa diperbaiki namun tentu lebih baik jika kita tahu kesehatan hardisk yang kita gunakan masih memiliki umur panjang atau sudah waktunya mengganti dengan yang baru. Berikut cara cek harddisk untuk mengetahui ada tidaknya error di dalamnya menggunakan program harddisk utility.

cara cek harddisk laptop

Cara Cek Harddisk

1. Aplikasi CrystalDiskInfo
Adalah program harddisk monitoring yang lumayan bagus. Segera anda dapat tahu keadaan harddisk yang anda miliki, suhunya serta data teknis antara lain kapasitas, RPM, versi firmware, tipe interface sampai nomor seri. Bila sesudah dicek keadaan harddisk berada pada level ‘Caution’ dan suhu yang dihasilkan hingga 48 derajat Celcius atau hampir mendekati suhu level ‘Alarm’ yang 50 derajat celcius maka anda baiknya waspada dan segera membackup data di dalamnya. Aplikasi CrystaliskDiskInfo sudah rilis hingga versi 4.1.1 dan dapat digunakan di Windows 7, Windows Server 2008, Windows Server 2003, Windows Vista serta Windows XP. Aplikasi ringan ini bisa diunduh di http://crystalmark.info/?lang=en


Advertisement

2. Aplikasi HDDLife
Software lain yang bisa anda manfaatkan untuk cek kondisi harddisk yakni HDDLife Pro. Fitur-fitur di dalamnya bisa menampilkan data lengkap mengenai health status, performance, work time  serta suhu harddisk. Jika dari hasil pengujian hasilnya “OK” kendati statusnya hanya 57 persen. Tertarik dengan program berguna ini? Anda bisa mendownloadnya di alamat http://hddlife.com/eng/downloads.html.

3. Aplikasi Hardisk Sentinel DOS Edition
Aplikasi cara cek harddisk terakhir yang bisa anda gunakan adalah Hard Disk Sentinel  DOS Edition berujud Bootable CD.  Menggunakan CD ini akan sangat menolong anda mengecek harddisk PC ketika tak dapat melakukan booting. Mula-mula unduh aplikasi Hard Disk Sentinel  DOS Edition berbentuk ISO image di alamat http://www.hdsentinel.com/hdsdos.php, kemudian burning file itu ke CD. Fungsikan CD tadi untuk sarana booting komputer pertama. Maka software HDD Sentinel ini serta merta melakukan pemeriksaan kondisi harddisk.

Demikianlah info mengenai cara cek harddisk laptop yang rusak, semoga bermanfaat. Baca juga cara cek terkait mengenai Cara Cek Flashdisk dari Kerusakan.