4 Cara Menurunkan Kolesterol Paling Ampuh

Cara Menurunkan Kolesterol – Kolesterol merupakan senyawa yang bisa mengendap di dinding bagian dalam pembuluh darah. Bila itu berlangsung lama maka akan mempersempit jalan darah untuk lewat lewat. Akibatnya pembuluh darah akan mengeras dan kehilangan kelenturannya. Dan sebagai akibat ikutan adalah meningkatnya tekanan darah sebagai penyebab pokok gangguan jantung. Kadar kolesterol tinggi di dalam tubuh saat ini sudah menjadi masalah umum yang diidap oleh banyak masyarakat modern.

Cara Menurunkan Kolesterol

Cara Menurunkan Kolesterol

Mereka yang doyan dengan junk food merupakan salah satu penderitanya. Memang gaya hidup modern adalah salah satu faktor utama yang memicu konsentrasi kolesterol meningkat. Tubuh sendiri memiliki dua macam lemak yaitu lemak baik (lemak berkepadatan tinggi) dan lemak jahat (lemak berkepadatan rendah). Lemak baik akan membantu membersihkan kolesterol dari tubuh manusia. Oleh karena itu mengkonsumsi lemak baik selalu dianjurkan agar kadar kolesterol selalu terjaga. Cara menurunkan kolesterol paling ampuh adalah dengan melakukan beberapa kebiasaan baik berikut ini :

Advertisement

1. Konsumsi Oatmeal
Merupakan salah satu perilaku terbaik dalam upaya menurunkan kadar kolesterol tinggi. Secangkir oatmeal terkandung kurang-lebih 2 g serat larut dan 4 g serat total. Oatmeal merupakan bentuk pertahanan terbaik melawan kolesterol dalam tubuh.

2. Konsumsi telur
Cara menurunkan kolesterol paling ampuh juga bisa dijalankan dengan mengkonsumsi telur. Satu butir telur memiliki kandungan kurang-lebih 213 mg kolesterol dari maksimal 300 mg kolesterol yang ideal masuk ke tubuh tiap harinya.

3. Sedikitkan konsumsi lemak jenuh

Suatu riset menyatakan jika lemak jenuh akan memperbesar kadar kolesterol jahat (LDL). Makanan dengan kandungan lemak jenuh utamanya bersumber dari hewan antara lain daging sapi, domba, babi, unggas dengan kulit dan mentega.

4. Konsumsi banyak serat
Cara menurunkan kolesterol paling ampuh yang juga alami adalah mengkonsumsi makanan kaya serat. Banyak penelitian telah membuktikan jika penambahan konsumsi serat larut diantaranya banyak ditemukan pada buah-buahan dan sayur-mayur (5 – 10 gram / hari) akan menghasilkan berkurangnya hingga 5 % konsentrasi kolesterol di dalam darah. Untuk itu penting menambahkan buah dan sayuran dalam diet sehari-sehari.