5 Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri

5 Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri – Saat sedang fokus mengerjakan tugas anda, tiba-tiba laptop anda mati sendiri tanpa peringatan apapun. Hal ini yang menjadi pertanyaan besar yang timbul dalam diri anda. Ada apa dengan laptop saya? Padahal kemarin baik-baik saja. Begitulah kira-kira yang dirasakan ketika laptop anda tiba-tiba mati sendiri. Tapi anda tidak perlu khawatir, ada beberapa cara mengatasi laptop mati sendiri.

Banyak hal yang menjadi penyebab laptop mati sendiri. Agar Anda lebih mengerti dengan jelas mengenai penyebab dan cara mengatasi laptop mati sendiri, silahkan simak artikel berikut ini.

Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri

5 Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Mati Sendiri

Laptop yang tiba-tiba mati ketika sedang digunakan merupakan pertanda bagi anda untuk mengecek laptop anda. Ada beberapa masalah yang terjadi pada laptop anda. Oleh karena itu kami akan membagikan beberapa penyebab serta cara mengatasi laptop mati sendiri.

  1. RAM Bermasalah

Penyebab pertama dari matinya laptop anda karena RAM  di dalam laptop sedang bermasalah. Jika RAM bermasalah, maka program tidak akan berjalan dengan baik karena RAM merupakan posisi yang cukup penting yaitu sebagai tempat penyimpanan sementara data. Cara yang perlu anda lakukan yaitu membongkar laptop anda dan ambil RAM yang ada di dalam laptop. Lalu anda bersihkan tembaga RAM tersebut dengan menggunakan penghapus, dengan begitu RAM akan terlihat lebih bersih. Selanjutnya masukkan lagi RAM tersebut dan hidupkan laptop anda.

  1. Pasta Prosessor Kering
Baca Juga:  Cara Cek Flash Player dan Cara Atasi Masalahnya

Penyebab yang sering terjadi jika laptop anda sudah cukup lama, pasta prosesor akan menjadi kering. Akibatnya panas pada prosesor tidak tersalurkan ke pembuangan akhir sehingga dapat menyebabkan laptop akan mati sendiri. Caranya ya cukup rumit, jika anda tahu letak prosesor tersebut, buka tempatnya lalu oleskan Pasta Prosesor secara merata. Tapi apabila anda tidak tahu tempatnya, jangan pernah membuka tempat tersebut karena dapat berbahaya bagi laptop anda. Harga pasta prosesor relatif murah.

  1. Permasalahan pada Sistem Operasi

Cara mengatasi laptop mati sendiri yang selanjutnya adalah install ulang laptop anda. Dengan sistem operasi yang baru, akan membuat laptop anda kembali segar.  Penyebabnya dari permasalahan ini yaitu sering terjadinya restart ulang serta adanya program yang crash.

  1. Banyaknya Debu di dalam Laptop

Masalah sepele bisa berakibat fatal pada laptop. Jika sudah terlalu banyak debu di dalam laptop, maka laptop bisa kepanasan dan mati sendiri. Jika anda bisa membongkar laptop anda, bersihkan laptop anda dengan menggunakan kuas terutama pada bagian kipas dan saluran pembuangan. Salah satu penyebab laptop mati sendiri karena adanya penyumbatan pada saluran udara dan kipas dalam sehingga tidak dapat berfungsi.

  1. Mainboard yang Rusak
Baca Juga:  Cara Mengatasi Tidak Bisa Download Dari Play Store

Penyebab mainboard bermasalah karena umur laptop yang sudah tua dan laptop yang sering dipakai secara terus-menerus tanpa henti. Nah, kalau masalah yang satu ini terjadi. Cara terbaik yang perlu anda lakukan adalah membeli laptop baru karena jika anda harus membeli hardware, harganya tidak terlalu berbeda dengan anda membeli laptop. Jadi berpikir ulang jika anda ingin membeli hardware.

Demikianlah beberapa cara mengatasi laptop mati sendiri. Semoga permasalahan pada laptop anda dapat teratasi dengan baik. Semoga bermanfaat.

Loading...