5 Tips Cara Mudik Lebaran Aman dan Nyaman

Tips Cara Mudik Lebaran Aman dan Nyaman – Masuk ke akhir-akhir bulan puasa, anak sekolah telah libur dan karyawan pun telah cuti. Itulah waktu bagi perantau dan keluarganya mudik ke tanah kelahiran merayakan hari raya dengan sanak keluarga di kampung.

Akan tetapi seperti sudah menjadi semacam ritual, tiap tahun selalu saja pemudik harus menghadapi kemacetan imbas dari arus mudik yang sangat padat. Akibatnya perjalanan mudik pun molor hingga berjam-jam sehingga banyak pemudik yang kelelahan di jalan.

Cara Mudik Lebaran Aman dan Nyaman Motor dan Mobil

Cara Mudik Lebaran Aman dan Nyaman

Situasi tadi pastinya memerlukan stamina prima supaya tak sakit saat tiba di kampung halaman. Lebih-lebih untuk mereka yang membawa sendiri kendaraan pribadi. Jalanan yang ruwet dan tersendat akan langsung menyebabkan kondisi tubuh dan pikiran capek yang bila dipaksakan bisa saja membuat perjalanan menjadi tak aman dan nyaman.

Karena itu perlu persiapan matang menghadapi situasi yang tak bisa dihindari tersebut. Cara mudik lebaran aman dan nyaman berikut ini mungkin bisa diterapkan untuk musim pulang kampung lebaran 2017 ini.

1. Fungsikan aplikasi GPS
Ada beberapa yang bisa digunakan seperti Google Map atau Waze. Aplikasi GPS tersebut akan sangat membantu pemudik mengenali kondisi jalan yang hendak dilalui dan juga memberitahukan jalan alternatif bila terjadi macet.

2. Lagu-lagu kesukaan jangan sampai ketinggalan
Saat jalanan stuck seringnya pemudik gampang tersulut emosi. Agar kondisi hati tak panas, bisa diademkan salah satunya dengan memutar lagu-lagu kesukaan baik di smartphone atau di CD.

3. Siapkan bekal dobel
Macet artinya pemudik harus rela lebih lama “hidup” di jalanan. Karenanya siapkan bekal makanan dan cemilan sebagai solusi saat perut lapar. Ada baiknya pemudik menyiapkan cadangan makanan dan minuman yang cukup sebab lama perjalanan menjadi tak bisa dipastikan.

Baca Juga:  Cara Cek CDI Sepeda Motor Bagi Awam

4. Cek kesehatan mobil
Lakukan service sebelum berangkat mudik sebab mobil ibarat rumah pemudik kala di perjalanan. “Rumah” yang nyaman akan membuat para penghuninya pun nyaman. Kendaraan berkondisi prima akan lebih siap mengarungi kemacetan di sepanjang perjalanan yang dilalui.

5. Istirahat yang cukup
Inilah tips cara mudik lebaran aman dan nyaman terakhir yang harus dilakukan yaitu beristirahat saat lelah mendera tubuh terutama bagi driver. Meskipun tak ngantuk, tubuh yang capek bisa mengganggu fokus ketika melajukan kendaraan. Tepikan mobil ke rest area terdekat yang ditemui di sepanjang perjalanan. Pemerintah biasanya telah menyediakan banyak titik-titik peristirahatan dengan fasilitas yang memadai.