6 Langkah Cara Registrasi Ulang Kartu 3 dengan Mudah

Cara Registrasi Ulang Kartu 3 – Registrasi kartu seluler prabayar sudah dua kali dilakukan pemerintah yaitu tahun 2005 dan 2014 silam. Namun untuk registrasi terbaru ini berbeda dengan yang terdahulu dimana tujuannya kali ini adalah melakukan sinkronisasi dengan database Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang dimiliki Kementerian Dalam Negeri. National Single Identity Number atau Nomor Identitas Tunggal Nasional akan dicek validitasnya sebagai antisipasi penyalahgunaan.

Seluruh pelanggan operator seluler di tanah air diwajibkan melakukan proses registrasi ulang, termasuk para pengguna kartu 3. Berikut tata cara registrasi ulang kartu 3 bagi para pelanggan lama yang diberikan waktu sampai tanggal 28 Februari 2018 mendatang :

Cara Registrasi Ulang Kartu 3 di Android

Cara Registrasi Ulang Kartu 3

 

1. Baik kartu 3 dalam status aktif maupun masuk dalam masa tenggang bisa melakukan registrasi ulang ini. Siapkan ponsel yang sudah terpasang kartu 3 yang akan didaftarkan ulang.

2. Cara registrasi ulang kartu 3 ini dilakukan dengan mengirimkan SMS yang masih ke nomor 4444 seperti yang dahulu. Format SMS yang digunakan yaitu : ULANG(spasi)nomorNIK(tanda#)nomorKK(tanda#) kemudian dikirimkan ke nomor 4444. Misalnya : ULANG 1234567890123456#1234567890123456# kemudian kirimkan ke 4444.

3. Pemilik nomor akan mendapatkan SMS balasan sebagai konfirmasi bahwa data yang dikirimkan sudah betul. Pengguna cukup membalas SMS dari 3 itu mengetikkan Ya.

4. Cara registrasi ulang kartu 3 menawarkan pilihan lain lewat layanan online. Pengguna kartu 3 tinggal akses ke laman Registrasi Tri Prabayar di alamat https://registrasi.tri.co.id/.

Berikutnya klik pada opsi “Registrasi ULang Kartu Lama” . Ketikkan data secara benar di kolom yang tersedia. Untuk kolom MSISDN, ketikkan nomor kartu 3 yang akan didaftarkan. Lalu di kolom NIK, ketikkan sesuai yang tertera di eKTP.

Baca Juga:  Cara Cek Pulsa Axis Update Terbaru 2017

Di kolom 4 angka terakhir nomor ICCID, ketikkan 4 angka terakhir yang tercetak di belakang kartu seluler 3. Berikutnya ketikkan nomor Kartu Keluarga. Pengguna pun bisa memilih untuk memasukkan Nama Ibu Kandung. Cek kembali data-data yang dimasukkan sebelum klik pada tombol Kirim.

5. Registrasi ulang kartu 3 sudah bisa dilakukan mulai sekarang. Pastikan bahwa NIK dan Nomor KK yang dimasukkan sesuai dengan data yang sebenarnya sehingga prosesnya tak mengalami kegagalan.

6. Cara registrasi ulang kartu Indosat pun sama seperti uraian di atas khususnya yang menggunakan sarana SMS.

Demikianlah informasi Cara Registrasi Ulang Kartu 3 4g, semoga dapat bermanfaat untuk Anda para pembaca sekalian.