Begini Cara Menghitung Berat Badan Ideal dengan Rumus BMI

Cara Menghitung Berat Badan Ideal – Memiliki berat badan ideal tentu saja masih menjadi dambaan setiap orang apakah itu pria atau wanita. Tubuh dengan berat ideal secara tak langsung akan memperbesar rasa percaya diri dalam pergaulan sehari-hari maupun di tempat kerja. Kebanyakan dari kita mungkin tidak mengetahui dengan pasti berat tubuh kita termasuk ideal atau tidak. Berat badan ideal tidak sebatas hasil yang didapat dari timbangan badan saja. Ada standar berat tubuh ideal yang harus dirujuk berdasarkan ketentuan internasional. Patokan berat badan ideal untuk wanita berbeda dengan berat badan ideal pria. Berikut cara menghitung berat badan ideal.

Cara menghitung berat badan ideal, formula yang sering digunakan adalah BMI (body mass index) atau di-Indonesia-kan menjadi IMT (Indeks massa tubuh). Formula tersebut mengkombinasikan tinggi dan berat tubuh seseorang. Berat Tubuh Ideal (BMI) = Berat Tubuh (Kg) : (Tinggi tubuh (m) x Tinggi tubuh (m)). Misalnya anda memiliki berat badan 60 kg dengan tinggi badan 170 cm (1,7 m) maka nilai BMI adalah :

Cara Menghitung Berat Badan Ideal dengan Rumus BMI

BMI anda = 60 kg : (1,7 m x 1,7 m) = 60 : 2,89 = 20,76

Patokan nilai BMI untuk wanita :

Nilai 18, dikategorikan Under Weight atau kurus.
Nilai 18 – 25, dikategorikan Normal Weight atau normal. Berat badan ideal berada di rentang nilai ini.
Nilai 25 – 27, dikategorikan Over Weight atau gemuk.
Nilai > 27, dikategorikan obesitas.

Patokan nilai BMI untuk pria :

Nilai 17, dikategorikan Under Weight atau kurus.
Nilai 17 – 23, dikategorikan Normal Weight atau normal.
Nilai 23 – 27, dikategorikan Over Weight atau gemuk.
Nilai > 27, dikategorikan Obesitas.

Untuk anda yang masuk dikategori kurus maka disarankan untuk mulai rajin mengkonsumsi makanan tinggi karbohidrat dengan diikuti olahraga secara teratur. Kemudian untuk yang masuk kelompok gemuk, harus waspada dan segera mencanangkan langkah ketat dalam mengurangi konsumsi makanan tinggi kadar lemak. Diikuti pula dengan rutin olahraga setidaknya dua kali seminggu. Terakhir untuk yang masuk dalam kelompok obesitas harus secepatnya membuat program penurunan berat badan secara ketat sebab di level ini bahaya gangguan kesehatan akan makin terbuka.

Baca Juga:  Cara Bikin Lipstik Jadi Matte Dengan Mudah