Begini Prosedur Pengurusan Peserta BPJS Kesehatan Pindah Alamat atau Domisili

Prosedur Pengurusan Peserta BPJS Kesehatan Pindah Alamat atau Domisili – Para peserta BPJS Kesehatan saat terjadi perubahan data KTP (misalnya pindah alamat) direkomendasikan untuk mengurus perubahan data di kantor BPJS Kesehatan setempat. Seperti diketahui, agar bisa menggunakan layanan dari asuransi ini maka harus ada kesesuaian biodata KTP dan kartu BPJS. Peserta pun bisa mengganti fasilitas kesehatan tujuan yang terdekat dengan domisili baru.

Kartu BPJS Kesehatan lama dapat saja dipakai untuk berobat di faskes di kota domisili yang baru akan tetapi syaratnya data di KTP dan kartu BPJS harus sesuai. Syarat lainnya yaitu adanya surat pengantar berkunjung yang dikeluarkan kantor BPJS Kesehatan di kota domisili baru dengan menyertakan surat domisili dari RT/RW setempat. Daripada merepotkan, maka saat data KTP berubah langsung saja mengurus perubahan data kepesertaan di kantor BPJS Kesehatan sehingga nantinya bisa memanfaatkan layanan kesehatan BPJS di domisili baru.

Cara Pindah Tempat/Domisili bagi Pemilik BPJS Kesehatan

Prosedur Pengurusan Peserta BPJS Kesehatan Pindah Alamat atau Domisili

Mengurus perubahan data peserta disebabkan pindah alamat, harus dulu disiapkan berkas-berkasnya sebagai berikut : kartu BPJS Kesehatan lama, Kartu Keluarga, surat pengantar domisili yang dikeluarkan RT/RW setempat, KTP baru dan tak memiliki tunggakan iuran. Langsung saja mengunjungi kantor BPJS Kesehatan di domisili baru untuk mengurusnya.

Pilih juga dimana nantinya faskes 1 akan dituju di tempat tinggal baru. Peserta pun harus melengkapi lembar formulir perubahan data kepesertaan yang diberikan petugas. Nantinya peserta akan mendapatkan kartu BPJS Kesehatan baru yang memuat data alamat baru.

Meski BPJS Kesehatan memiliki layanan online berupa website resmi di alamat bpjs-kesehatan.go.id, namun tak ada fitur untuk pengajuan perubahan data kepesertaan. Yang ada hanya untuk kepentingan pendaftaran saja. Oleh karena itu peserta dengan kasus seperti di atas mesti mengurusnya secara langsung dengan datang ke kantor BPJS Kesehatan terdekat sambil membawa syarat-syarat yang sudah ditentukan.

Baca Juga:  Cara Cek KTP Terdaftar atau Tidak dengan Mudah

Saat peserta datang ke kantor BPJS Kesehatan terdekat, katakan kepada petugas satpam bahwa akan mengurus permohonan penggantian data karena pindah alamat. Nantinya peserta akan diberikan nomor antrian yang berbeda dengan pengunjung lain yang hendak mendaftar.