Cara Backup Aplikasi Android dengan Mudah

caracekterupdate.com – Melakukan backup aplikasi yang terinstal di smartphone Android adalah tindakan penting yang semestinya dilakukan para pemilik. Backup aplikasi Android yaitu membuat seluruh aplikasi yang terpasang di ponsel kembali dalam bentuk apk. Sehingga suatu saat ketika pengguna me-reset ponsel Android-nya maka akan mudah menginstal kembali tanpa perlu mengunduh kembali dari Google Play Store. Tak perlu mempelajari bahasa pemrograman yang rumit sebab cara backup aplikasi Android cukup mudah dilakukan.

cara backup aplikasi Android

Memasang sebuah aplikasi ke smartphone Android biasanya dilakukan dengan dua pilihan. Pertama adalah membuka layanan toko aplikasi Google Play Store dan kedua mendownload aplikasi dari Android market dalam bentuk file apk. Bila mendownload dari Google Play Store maka aplikasi akan langsung terinstal dengan sendirinya. Namun kekurangannya, pengguna tak memiliki file apk dari aplikasi yang didownloadnya. Bila suatu ketika terjadi masalah yang mengharuskan factory reset maka pengguna harus mengulang lagi mendownload dari Play Store. Sementara jika mengunduh file apk mentah dari Android market keuntungannya pengguna masih memiliki file apk sumber yang suatu saat bisa diinstal kembali. Namun file-file ini berpotensi disisipi dengan virus atau malware.

Advertisement

Untuk itulah pentingnya mengetahui cara backup aplikasi Android. Ada beberapa aplikasi Android yang bisa digunakan untuk tujuan tersebut. Salah satunya yang cukup handal adalah APK Extractor. Aplikasi APK Extractor bisa diunduh gratis di Google Play Store dengan alamat link https://play.google.com/store/apps/details?id=com.ext.ui&hl=en. Sesudah terpasang ke ponsel Android yang hendak di-backup aplikasinya, segera jalankan. Selanjutnya tentukan aplikasi mana saja yang hendak dibuat backup-nya menjadi sebuah file ber-ekstensi apk.

Bila hendak melakukan backup lebih dari satu aplikasi maka caranya dengan menekan pilihan aplikasi tersebut beberapa detik. Sesudah dipilih maka berikutnya tap menu Extract maka APK Extractor akan memulai tugasnya, tunggu hingga seluruh proses selesai. Begitu selesai, ketuk pada folder Extracted Apks di memori internal dimana hasil backup akan tersimpan di sana. Pengguna bisa memindahkannya ke kartu microSD atau media penyimpanan lain. Demikianlah informasi bagaimana Cara Backup Aplikasi Android dengan sangat mudah. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda.