Cara Bayar PBB Rumah Via Online dan ATM

Cara Bayar PBB Rumah Via Online dan ATM – Warganegara dengan kepemilikan properti berupa tanah dan bangunan sesuai dengan hukum di Indonesia diharuskan membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) setiap tahun.

Ketentuan ini sesuai dengan UU No. 12 Tahun 1985 mengenai Pajak Bumi dan Bangunan yang sudah direvisi dengan UU No. 12 Tahun 1994.

Biasanya PBB paling lambat dibayarkan pada 31 Agustus. Apabila terjadi keterlambatan maka sesuai aturan akan dikenakan denda sebanyak 2 % per bulan. Pemerintah memberikan sarana membayar PBB lewat beberapa saluran seperti bank, kantor pos, kelurahan/desa, ATM bank dan juga secara online lewat internet banking.

Cara Bayar PBB Rumah Via Online dan ATM

Cara Bayar PBB Rumah Via Online dan ATM

Cara bayar PBB rumah via online dan ATM saat ini menjadi pilihan banyak wajib pajak sebab praktis dan cepat. Beberapa kelebihan Cara bayar PBB rumah via online dan ATM antara lain : membayar PBB untuk rumah atau tanah di seluruh wilayah Indonesia, bisa dilakukan kapan saja dan tak perlu antri.

Beberapa bank yang memiliki fasilitas mesin ATM untuk membayar pajak yaitu : bank DKI, bank Jatim, bank Bumiputera, bank Bukopin, bank Nusantara Parahyangan, bank BNI, bank BCA dan bank Mandiri.

Cara membayar PBB di ATM secara umum langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  1. Pilih menu pembayaran
  2. lalu pilih menu pajak.
  3. Selanjutnya ketikkan Nomor Objek Pajak dan tahun pembayaran PBB. Pada layar ATM akan ditampilkan detil mengenai objek pajak, tagihan dan nama wajib pajak. Sebelum melakukan pembayaran, cek secara seksama nama wajib pajak dan jumlah pokok pajak yang mesti dibayarkan.
  4. Bila sudah betul maka bisa menekan tombol Bayar. Struk ATM yang tercetak merupakan bukti pembayaran sah dan menjadi pengganti Surat Tanda Terima Setoran (STTS) PBB.
Baca Juga:  Cara Daftar Paspor Online Langkah Demi Langkah

Sedangkan jika Anda ingin membayar PBB rumah dengan cara lain yakni Cara bayar PBB rumah via online, yaitu memanfaatkan fasilitas internet banking dari beberapa bank. Misalnya para nasabah bank BCA bisa melakukan pembayaran pajak PBB rumah mereka menggunakan Klik BCA.

Cara bayar PBB rumah via online adalah sebagai berikut:

  1. Masuk ke layanan Klik BCA dan kemudian pilih menu Pembayaran.
  2. Selanjutnya klik pada menu Pajak lalu diikuti memilih PBB.
  3. Ketikkan Nomor Objek Pajak (NOP) yang tertera di surat tagihan PBB berupa 18 digit angka.
  4. Berikutnya ketikkan tahun tagihan, misalnya : 2017. Pada layar akan ditampilkan jumlah yang mesti dibayar. Silahkan menyelesaikan transaksi ini menggunakan key BCA (token).

Demikianlah info Cara Bayar PBB Rumah Via Online dan ATM dengan mudah semoga dapat bermanfaat bagi Anda semuanya.