Cara Cek CDI Sepeda Motor Bagi Awam

Cara Cek CDI – Salah satu komponen penting pada sepeda motor adalah CDI. CDI (Capacitor Discharge Ignition) merupakan alat elektronik yang bertindak mengatur waktu pengapian sebuah sepeda motor. CDI berfungsi menyimpan arus listrik yang dihasilkan generator atau disebut spul dan selanjutnya melentikkannya ke coil sesudah memperoleh signal dari pulser. Jika sepeda motor anda mendadak mati ketika mesin panas atau motor mbrebet saat digas, mungkin saja CDI-nya yang bermasalah. Sehingga harus dicek CDI-nya untuk memastikan memang rusak atau tidak. Cara cek CDI sebenarnya bisa juga dilakukan oleh kita-kita yang awam dengan seluk beluk mesin motor.

cara cek cdi motor

 

Cara Cek CDI Motor

Namun sebelum mengecek CDI, sebaiknya periksa dulu busi motor masih bisa memantikkan api atau sudah koit. Caranya copot busi dari dudukannya kemudian dekatkan ke blok mesin. Coba motor distarter, bila tak ada percikan api, ganti dengan busi yang masih baru. Bila timbul lentikan api itu artinya busi yang pertama sudah mati. Bila dari hasil pengecekan ternyata busi masih bagus, pengecekan berlanjut ke CDI.

Cara memeriksa CDI motor biasanya memakai alat multitester atau AVOmeter. Pertama cek ada tidaknya arus listrik kabel yang mengarah ke coil ketika motor dihidupkan. Sambungkan kabel merah multitester ke kabel CDI yang mengarah ke coil. Sedangkan kabel hitam dihubungkan ke ground atau bodi motor. Cek dulu bahwa selector multitester berada pada DC 250 volt. Selanjutnya perhatikan apakah jarum multitester bergerak ke kanan lalu balik ke kiri atau tidak. Bila jarum multitester tak bergerak diduga CDI motor anda sudah rusak bila memang pulser dan spul masih dalam kondisi bagus.

Baca Juga:  Cara Cek BPKB Online 4 Wilayah

Untuk memeriksa pulser ataupun spul pun caranya sama yakni dengan menyambungkan kabel merah multitester ke kabel pulser atau spul dan kabel hitam ke ground. Sebelumnya posisikan selector multitester di 1 volt sebab output pulser cuma berada di kisaran 0,7 v. Bila jarum multitester bergerak berarti ada arus yang lewat atau kondisi pulser atau spul masih bagus.

Demikianlah info Cara Cek CDI Pada Motor, semoga bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih.