Cara Cek Domain yang Masih Tersedia

cara cek domain yang tersedia – Sebuah nama domain bisa diibaratkan wakil dari sebuah organisasi atau perseorangan di internet. Domain berupa nama tertentu untuk mengenali nama server yang terdapat dalam jaringan komputer atau internet. Kegunaan Domain hakikatnya adalah untuk memudahkan pengakses internet ketika mencoba menyambung ke sebuah server komputer. Di samping juga digunakan untuk pengingat nama server yang akan diakses tanpa mesti menghapal rangkaian angka rumit yang disebut dengan IP address. Domain pun merupakan suatu kesatuan sebuah website misalnya google.com. Nama domain adakalanya dinamakan juga sebagai URL (uniform resource locator) atau alamat website.

cara cek domain

cara cek domain website

Bisa saja seseorang yang akan mengakses alamat google.com mengetikkan IP Addressnya yaitu : 74.125.224.212. Namun deretan angka rumit itu sungguh memusingkan seseorang yang akan mengunjungi google.com. Maka itu diperlukan nama domain. Setiap orang atau badan bisa memiliki atau tepatnya menyewa nama domain selama belum dimiliki oleh pihak lain. Untuk itu harus tahu dulu cara cek domain availability, masih tersedia atau sudah dimiliki pihak lain. Banyak sekali layanan cek domain yang tersedia di internet baik dari luar negeri maupun yang berbasis di dalam negeri. Beberapa layanan populer cek domain yang bisa digunakan antara lain :

1. Layanan dari Godaddy.com
Merupakan website cek domain availability sekaligus juga tempat membeli nama domain paling sering digunakan di internet. Bila anda membuka website mereka, pada halaman depan anda bisa langsung mengecek nama domain yang akan anda beli. Cukup ketikkan pada kolom yang ada dan kemudian klik tombol “Search Domain”. Bila memang nama domain yang anda incar masih available maka anda bisa langsung membelinya di situ juga. Rata-rata biaya untuk membayar sewa nama domain selama setahun berkisar $ 8 hingga $ 12 tergantung keunikan nama domain tersebut.

2. Layanan dari namadomain.com
Yang ini adalah layanan cek domain dari dalam negeri sendiri. Setelah anda membuka website-nya, paling atas tersedia kolom untuk mengetikkan nama domain yang akan dicek ketersediaannya. Kemudian anda tinggal klik tombol Go. Di sini anda pun bisa langsung mendaftarkan nama domain yang anda inginkan itu bila memang masih tersedia.

Demikianlah info Cara Cek Domain yang Masih Tersedia, semoga bermanfaat.