Cara Cek e-KTP dengan Mudah

Cara Cek e-KTP – Untuk tertib administrasi kependudukan, pemerintah Indonesia beberapa saat lalu menerapkan sistem KTP elektronik yang biasa disebut e-KTP. Pembuatan e-KTP secara massal telah dilakukan kepada seluruh penduduk Indonesia yang sudah berkewajiban memiliki KTP. Karena dilakukan secara serempak, beberapa orang masih ragu apakah mereka memang sudah terdaftar dalam sistem e-KTP ini meski mengikuti pembuatan e-KTP massal. Untuk itu mereka perlu mengetahui cara cek e-KTP sehingga bisa memastikan bahwa data diri mereka memang sudah teregistrasi.

Cara Cek eKTP

Cara Cek eKTP Online

Cara cek e KTP secara langsung dapat dilakukan dengan menanyakannya ke kantor Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) dimana seseorang berdomisili. Atau bila tak memiliki waktu luang, coba sempatkan mengecek e-KTP via internet dengan mengakses website Kementerian Dalam Negeri di alamat http://www.dukcapil.kemendagri.go.id/ceknik. Bila nomor NIK sudah terdaftar di website ini maka artinya seseorang sudah teregistrasi dalam sistem e-KTP.

Advertisement

NIK atau Nomor Induk Kependudukan yang tercantum dalam e-KTP adalah kode unik yang melekat pada seseorang yang terdaftar sebagai penduduk Indonesia. NIK ini akan berlaku seumur hidup dan tak bisa diubah. NIK diatur oleh Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). NIK dalam e-KTP adalah kombinasi 16 digit angka yang memiliki kode-kode tertentu.

Untuk 6 digit awal menginformasikan lokasi dimana NIK e-KTP dikeluarkan yaitu 2 digit pertama sebagai kode propinsi, 2 digit selanjutnya adalah kode kota/kabupaten dan 2 digit lagi sebagai kode kecamatan. Untuk 6 digit berikutnya adalah tanggal lahir pemilik e-KTP dan 4 digit terakhir adalah nomor urut registrasi kependudukan. Untuk jenis kelamin perempuan maka tanggal lahir ditambahkan 40. Misalnya NIK e-KTP : 1371011709860005, penjelasannya adalah sebagai berikut :

Baca Juga: Cara Urus e-KTP Hilang beserta syarat dan biayanya

Angka 13 sebagai kode propinsi dalam hal ini Propinsi Sumatra Barat.
Angka 71 sebagai kode kabupaten/kota yaitu Kota Padang.
Angka 01 sebagai kode kecamatan dalam hal ini Kecamatan Padang Selatan.
Angka 17 sebagai kode tanggal lahir yaitu lahir tanggal 17, (jika perempuan, ditambah dengan 40 sehingga ditulis 57).
Angka 09 sebagai kode bulan lahir yaitu bulan 09 atau September.
Angka 86 sebagai kode tahun lahir yaitu tahun 1986.
Angka 0005 adalah kode nomor urut registrasi yang dalam contoh ini memperlihatkan urutan ke-5 dari sejumlah penduduk dengan tanggal lahir sama di kecamatan Padang Selatan Kota Padang yang membuat KTP.