Cara Cek e KTP Sudah Jadi atau Belum

Cara Cek e KTP Sudah Jadi atau Belum – Setiap warganegara Indonesia yang telah berumur 17 tahun menurut ketentuan harus memiliki bukti identitas diri berupa KTP (Kartu Tanda Penduduk). Pemerintah dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri menerbitkan apa yang dinamakan KTP elektronik atau eKTP.

Kartu identitas elektronik ini bersifat nasional dan bersifat tunggal artinya hanya dimiliki oleh orang yang namanya tertera di kartu. Bagi yang belum memiliki, mudah untuk membuat eKTP ini.

Apabila warga masyarakat hendak mengurus e-KTP, tinggal datang ke kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) atau kantor kelurahan ataupun juga kantor kecamatan dengan membawa Kartu Keluarga (KK) dan KTP lama. Kecuali itu, pemohon pun mesti jujur memberikan informasi data diri ke petugas yang melayani.

Cara Cek e KTP Sudah Jadi atau Belum

Selama pemohon tak melakukan perubahan data, alamat, ataupun belum pernah melakukan perekaman data e-KTP, syaratnya cuma KK dan KTP lama saja. Sementara bila terjadi perubahan data, untuk itu pemohon mesti menyertakan surat pengantar dari RT setempat.

Selanjutnya pemohon akan difoto dan diminta membubuhkan tanda tangan elektronik lalu direkam. Sesudah itu adalah merekam 4 sidik jari untuk tangan kanan dan kiri. Diikuti berikutnya mengambil data sidik jari untuk jempol dan telunjuk kanan dan kiri. Rangkaian berikutnya yaitu merekam iris mata. Selanjutnya merekam tanda tangan elektronik sekali lagi, lalu selesai. Pemohon tinggal menunggu proses eKTP dicetak.

Cara cek e KTP sudah jadi atau belum dapat dilakukan pemohon dengan beberapa pilihan berikut ini :

1. Datang langsung ke kantor Disduksapil

Bila memang ada waktu luang, 14 hari setelah proses pendaftaran dan perekaman data coba datang ke kantor Disdukcapil setempat untuk menanyakannya. Jika memang prosesnya berjalan lancar biasanya eKTP sudah dalam status Siap Cetak.

Baca Juga:  7 Langkah Cara Membuat Stop Motion Instagram dengan Mudah

2. Cek via internet di website resmi Disdukcapil setempat

Cara cek e KTP sudah jadi atau belum via online akan menghemat banyak waktu. Setiap Disdukcapil daerah biasanya sudah menyediakan website resmi untuk keperluan hal-hal yang berhubungan dengan kependudukan termasuk eKTP.

Tak hanya itu, website pihak ketiga seperti https://ektp.cektkp.com pun boleh digunakan. Di sini pengguna tinggal memasukkan NIK (Nomor Induk Kependudukan) yang dimiliki ke kolom yang tersedia.

3. Cek melalui SMS

Disdukcapil setempat pun biasanya memiliki layanan berbasis SMS untuk keperluan cek status eKTP. Misalnya warga Depok bisa mengecek status e-KTP dengan mengetikkan SMS yang formatnya : NIK#nomor NIK, lalu dikirimkan ke 082111014433.