Cara Cek Flashdisk Dari Kerusakan

Cara Cek Flashdisk – Flashdisk merupakan media penyimpanan data berkapasitas tertentu yang lazimnya dalam gigabyte (GB). Flashdisk mengambil alih fungsi disket yang dulu sering dipakai untuk menyimpan data. Mempunyai ukuran kecil dengan aneka rupa bentuk yang kadang lucu-lucu seperti bentuk tokoh kartun, bentuk bola dan bentuk-bentuk lain. Lantaran tampilannya yang mungil tersebut membuatnya sangat rentan terhadap kerusakan. Cara cek Flashdisk dari kerusakan harus diketahui untuk memastikan penanganan selanjutnya.

Beberapa kerusakan Flashdisk antara lain kapasitas 0 byte meski terdeteksi oleh komputer, tidak bisa dilakukan formatting dan tidak dikenali komputer. Langkah-langkah penanganan Flashdisk yang bermasalah adalah sebagai berikut :

cara cek flashdisk rusak

cara cek flashdisk rusak

1. Tancapkan ke komputer lain
Jangan dulu beli Flashdisk baru, coba tancapkan Flashdisk ke komputer lain. Bila Flashdisk bisa dikenali, boleh jadi kerusakan tak bukan pada Flashdisk. Bisa saja kerusakan pada konektor USB atau sistem pada komputer. Sedangkan bila Flashdisk masih tidak dikenali atau error berarti Flashdisk anda dipastikan rusak dan butuh diperbaiki.

2. Tindakan jika rusak
Kalau Flashdisk tidak terdeteksi komputer berarti Flashdisk tidak dapat diformat. Cara cek Flashdisk rusak ini bisa menggunakan software yang ada di internet antara lain Drive Boot Utility. Gunakan aplikasi tersebut untuk melakukan formatting Flashdisk. Kerusakan lain berupa ukuran yang terdeteksi di komputer 0 byte dapat menggunakan program USB repair.

3. Penyelamatan data yang tersimpan
Data yang tersimpan di Flashdisk rusak bisa diselamatkan dengan program file recovery.  Anda dapat mencoba memakai aplikasi recovery versi free. Cara memakainya sangat mudah cukup beberapa kali klik saja maka program akan melakukan scanning file yang terdapat di dalamnya. Bila menginginkan opsi deep scanning umumnya memerlukan waktu scanning sedikit lebih lama.

Kalau sudah menggunakan bermacam-macam program atau cara tertentu namun masih juga tak bisa kemungkinan masalah terjadi pada hardware. Dengan begitu kecil peluangnya data dapat diselamatkan. Anda harus menebus Flashdisk baru atau dapat juga mengajukan klaim garansi Flashdisk anda ke pedagang sebab kebanyakan garansi Flashdisk bersifat lifetime atau selamanya. Demikianlah Cara cek kondisi Flashdisk apakah masih layak pakai atau tidak. Semoga bermanfaat.