Cara Cek Koil Mobil Rusak Termudah

Cara Cek Koil Mobil Rusak Termudah – Koil motor atau mobil berguna merubah tegangan aki DC 12 V menjadi sekitar 10.000 volt. Tegangan tersebut selanjutnya akan dipakai untuk melentikkan api busi. Tanda-tanda koil mobil rusak dan sudah masanya diganti adalah sebagai berikut :
cara cek koil mobil rusak

Cara Cek Koil Mobil Rusak

1. yang tersering terjadi adalah kinerja mesin yang menurun, tersendat-sendat sampai mesin mati. Mesti ditunggu beberapa menit baru dapat dihidupkan kembali.

2. Mobil sulit hidup di pagi hari.

3. Pengapian bocor ini terlihat dari insulator koil yang retak di samping terminal koil. Akan tetapi jika pengapian bocor di samping terminal koil namun tak ada tanda-tanda insulator koil retak maka sumber persoalan berada di kabel busi.

4. Boros BBM
Ciri lain dari koil yang bermasalah adalah penggunaan BBM yang menjadi lebih boros dari biasanya.

Advertisement

Mula-mula yang harus dikerjakan ialah memeriksa busi, masih bisakah melentikkan api. Pastikan pula suku cadang lain dari sistem pengapian diantaranya CDI masih bekerja baik. Bila busi tak lagi bisa melentikkan api serta bagian mekanisme pengapian yang lain masih baik maka dipastikan koil mobil anda rusak.

Koil mobil terdiri dari 2 macam kumparan yakni kumparan primer dan kumparan sekunder. Sepasang kumparan tersebut terhubung untuk menciptakan tegangan tinggi karena adanya mekanisme induksi listrik. Makanya cek tahanan kedua kumparan tadi memakai alat multimeter. Posisikan selector di 1x ohm. Lakukan kalibrasi alat dengan menghubungkan colokan + dan colokan – dan setting jarum di angka 0.

Cek tahanan kumparan primer koil, caranya hubungkan colokan – multimeter ke ujung – koil sementara colokan + ke ujung + koil. Selanjutnya cek tahanan kumparan sekunder dengan cara menghubungkan colokan + multimeter ke ujung + koil sementara colokan – multimeter ke terminal tegangan tinggi. Angka tahanan primer koil biasanya antara 1,3 sampai 1,6 ohm sementara tahanan sekunder koil biasanya antara 10,7 sampai 14, 5 K ohm. Cocokkan hasil pengecekan dengan spesifikasi koil dan kalau tak sesuai maka koil mobil butuh diganti.