Cara Cek KTP Terdaftar atau Tidak dengan Mudah

Cara Cek KTP Terdaftar atau Tidak – Dalam rangka tertib administrasi kependudukan maka tiap warganegara diberikan nomor identitas yang disebut Nomor Induk Kependudukan (NIK). UU No.23 Tahun 2006 pun menyebutkan bahwa Nomor Induk Kependudukan (NIK) merupakan nomor identitas dengan sifat unik, tunggal dan selalu melekat ke setiap warganegara Indonesia dan berlaku seumur hidup.

Banyak kegunaan dari NIK ini mulai dari data untuk pengajuan Paspor, NPWP, SIM, Polis Asuransi, sertifikat tanah, bukti sah untuk mencoblos dalam Pemilu, pendaftaran mahasiswa serta data siswa di Dapodik. Dalam setiap Kartu Tanda Penduduk (KTP) tertera 16 digit NIK ini. Karena itu sangat penting bagi setiap orang mengetahui cara cek KTP terdaftar atau tidak dalam hal ini NIK yang dimiliki.

Cara Cek KTP Terdaftar atau Tidak
Cara cek KTP terdaftar atau tidak sangat dimudahkan oleh pemerintah dengan layanan online yang diberikan. Setiap orang bisa mengeceknya dengan mengakses layanan daring yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri di http://www.dukcapil.kemendagri.go.id/ceknik. Setelah halamannya terbuka, masukkan saja 16 digit NIK yang tercetak di KTP kemudian klik tombol Cek.

Tak hanya itu, Cara cek KTP terdaftar atau tidak dapat pula memanfaatkan Portal online yang dimiliki lembaga Komisi Pemilihan Umum (KPU). Ini terutama untuk mereka yang memenuhi hak memilih dalam Pemilu. Silahkan mengunjungi laman KPU khusus untuk itu di http://data.kpu.go.id/ss8.php. Ketikkan 16 digit NIK lalu klik pada tombol Cari.

Beberapa pemerintah kabupaten/kota di beberapa wilayah di Indonesia pun memiliki layanan sejenis yang fungsinya kurang lebih sama. Misalnya penduduk di Kabupaten Tegal bisa mengakses layanannya di http://disdukcapil.tegalkab.go.id/informasi/cek_nik.

Lalu untuk penduduk di Kota Tengerang bisa mengunjungi layanan onlinenya di http://disdukcapil.tangerangkota.go.id/ceknik/.

Baca Juga:  Cara Setting Free Ongkir di Tokopedia Paling Mudah

Jika ternyata data NIK yang dicari tak diperoleh atau malah digunakan orang lain, maka warganegara bisa melakukan verifikasi juga secara online. Alamatnya yaitu di PORTAL SARANA PENGADUAN DAN ASPIRASI KEMENTERIAN DALAM NEGERI dengan alamat http://sapa.kemendagri.go.id/home.