Cara Cek NUPTK Aktif Atau Tidak

Cara Cek NUPTK Aktif Atau Tidak – Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) adalah nomor induk yang diberikan kepada guru atau Tenaga Kependidikan (GTK). NUPTK dimiliki oleh GTK dengan status PNS dan juga Non-PNS bila telah memenuhi syarat-syarat dan ketentuan. NUPTK ini digunakan untuk kepentingan identifikasi beragam pelaksanaan program dan kegiatan yang terkait pendidikan untuk meningkatkan kualitas guru.

Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) merupakan Unit Kerja dalam naungan Sekretariat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan tanggung-jawab mengelola data dan statistik pendidikan dan kebudayaan berdasarkan pasal 798 Permendikbud No. 11 Tahun 2015 mengenai Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. PDSPK memiliki kewajiban menjalankan pengelolaan data dan statistik pendidikan dan kebudayaan.

cara cek nuptk sudah aktif

Cara Cek NUPTK Aktif Atau Tidak

Untuk melakukan pengelolaan data, PDSPK diataranya akan memvalidasi dan integrasi data pendidikan dan kebudayaan diantaranya data sekolah, siswa, guru, kelas, dan ruang kelas, warisan budaya benda ataupun tak benda. Guna menjaga validitas data untuk itu diciptakan sistem informasi verifikasi dan validasi data antara lain aplikasi Verifikasi dan Validasi data Guru dan Tenaga Kependidikan (Verval GTK).

Baca Juga:  Cara Melihat Pengumuman SBMPTN 2017 dengan Mudah

Aplikasi Verval GTK mengharuskan adanya operator sekolah, operator daerah dan operator pusat. Selain validasi data GTK juga melayani pengajuan, penerbitan ataupun penonaktifan NUPTK bagi para GTK Kemendikbud dan GTK Kemenag.

NUPTK memuat 16 digit dengan sifat unik dan tetap. NUPTK yang dipegang pemiliknya tak akan diganti kendati pindah mengajar di sekolah lain, perubahan riwayat status kepegawaian ataupun bentuk perubahan data yang lain.

Bagaimana cara cek NUPTK aktif atau tidak? Cara cek NUPTK online bisa dirunut dari nomor NUPTK.

1. Buka laman http://gtk.data.kemdikbud.go.id/Data/Status

2. Setelah laman terbuka, isikan pada kolomnya nomor NUPTK, kemudian klik pada ikon cari (gambar kaca pembesar).

3. Akan ditampilkan data lengkap dari NUPTK, Nama, Tanggal Lahir, Tempat Lahir, Nama Ibu Kandung, NIK, NIP untuk yang sudah PNS dan status keaktifan NUPTK.

4. Bila statusnya aktif maka keterangannya adalah NUPTK AKTIF (teregistrasi di Kemendikbud).

Demikianlah info mengenai bagaimana Cara Cek NUPTK Aktif Atau Tidak dengan mudah semoga dapat bermanfaat untuk Anda.

Baca Juga:  Cara Mendaftar SBMPTN 2017 dengan Mudah