Cara Daftar CPNS 2017 Paling Mudah

Cara Daftar CPNS 2017 – Berita gembira bagi para pencari kerja sebab pemerintah belum lama ini telah membuka lowongan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2017. Tak untuk semua formasi namun hanya untuk posisi hakim, petugas tahanan (sipir) dan pegawai kantor imigrasi.

Total formasi CPNS untuk perekrutan tahun 2017 ini pun tak main-main, jumlahnya mencapai 19.210 posisi. Berikut tata cara daftar CPNS 2017 untuk formasi tadi.

Warga negara yang hendak melamar untuk formasi CPNS cuma bisa mengajukan lamaran lewat online. Mereka yang berminat bisa membuka informasi dan mendaftar CPNS dari beberapa website resmi lembaga pemerintah.

Syarat dan Cara Daftar CPNS 2017 Online

Cara Daftar CPNS 2017

Selanjutnya akan diadakan seleksi, kemudian pengumuman dikeluarkan juga dari website resmi tersebut. Tidak cuma itu saja, pendaftaran lowongan CPNS dari tiga posisi tadi pun tak dikenakan biaya pendaftaran sedikitpun atau gratis.

Cara daftar CPNS 2017 telah disiapkan beberapa website resmi yang bisa dibuka masyarakat yaitu :

– Website resmi Kementerian PANRB dengan alamat www.menpan.go.id

– Website resmi BKN (Badan Kepegawaian Nasional) dengan alamat https://sscn.bkn.go.id

– Website resmi Mahkamah Agung (MA) dengan alamat https://www.mahkamahagung.go.id, https://badilum.mahkamahagung.go.id, https://badilag.mahkamahagung.go.id, https://ditjenmiltun. mahkamahagung.go.id/

– Website resmi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dengan alamat https://cpns.kemenkumham2017.go.id.

Pendaftaran CPNS 2017 yang hanya via online ini akan ditutup pada 31 September 2017. Mekanisme penerimaan CPNS secara online ini diharapkan akan meniadakan calo dan praktek curang KKN yang biasanya selalu ada di setiap pembukaan rekrutmen CPNS.

Dan diharapkan pula ajan mendapatkan PNS yang benar-benar sesuai dengan kompetensi, kemampuan, dan keahlian yang dibutuhkan.

Sebagaimana tahun-tahun yang lalu, satu pelamar cuma boleh mendaftar di satu posisi di satu instansi pemerintah. Pelamar yang lolos tes administrasi maka otomatis bisa mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD) yang saat ini telah mengaplikasikan sistem Computer Assisted Test (CAT). Kecuali tes SKD, para pelamar pun harus menjalani Seleksi kompetensi bidang (SKB).

Baca Juga:  Cara Daftar Grab Mobil dan Motor Via Online Paling Mudah