Cara Daftar NPWP Online Paling Mudah

Cara Daftar NPWP Online – Warganegara yang baik adalah mereka yang taat membayar pajak. Menurut peraturan terbaru, seseorang yang memiliki penghasilan lebih dari Rp.2.025.000 tiap bulannya atau Rp.24.300.000 per tahun harus mendaftar untuk memperoleh NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak ).

Dalam membuat pendaftaran wajib pajak orang pribadi untuk memperoleh NPWP, kini bisa dilakukan secara online, prosedur berikut harus dijalankan yaitu :

Cara Daftar NPWP Online

cara membuat npwp online pribadi

1. Membuat account
Wajib pajak harus mendaftar lebih dulu agar bisa menggunakan aplikasi eRegistration. Pertama masuk ke https://pajak.go.id/ dan klik logo e-Reg sehingga anda akan dibawa ke https://ereg.pajak.go.id/. Klik tombol ‘Daftar Baru‘ dan lengkapi tiap kolom yang ada. Gunakan e-mail valid untuk aktivasi pendaftaran account. Konfirmasi pendaftaran dengan meng-klik link yang terdapat dalam email. Anda selanjutnya dibawa ke halaman login.

2. Isi Formulir
Lakukan login memakai account yang baru saja dibuat. Lengkapi seluruh kolom yang ada dengan benar.

3. Kirimkan Formulir
Sesudah formulir pendaftaran diisi dengan lengkap maka anda akan dibawa menuju dashboard history pendaftaran. klik salah satu simbol loop yang ada di sisi kanan untuk permintan token. kode token selanjutnya dikirim lewat e-mail. Silahkan membuka inbox email yang diketikkan dalam form pendaftaran.

Kembali ke dashboard history pendaftaran dan klik simbol loop di sisi kanan laman untuk mengirimkan formulir pendaftaran. Berikan tanda tick bahea anda mengerti dengan hak dan kewajiban selaku Wajib Pajak. Ketikkan kode token di kolomnya kemudian klik tombol Kirim.

Periksa e-mail dan dashboard history pendaftaran untuk memastikan bahwa status pendaftaran anda “kirim” sebagai tanda bahwa permohonan NPWP anda sudah terkirim.

Untuk mengecek status pendaftaran, anda bisa login ke aplikasi eRegistration atau mengecek email. Biasanya status yang ada pada dashboard history e-Registration pendaftaran adalah :

LENGKAP, artinya pengisian formulir belum selesai atau belum terkirim.
KIRIM, artinya anda berhasil mengirimkan formulir pendaftaran.
DISETUJUI, artinya permintaan NPWP anda dikabulkan. Anda cukup menunggu kartu NPWP dan Surat keterangan Terdaftar (SKT) dikirimkan lewat pos ke alamat rumah anda.
DITOLAK, artinya permohonan NPWP anda ditolak. Silahkan periksa email anda untuk membaca alasan penolakan tersebut.

Demikianlah info mengenai Cara Daftar NPWP secara Online, semoga dapat bermanfaat untuk Anda.