Cara Daftar PUPNS 2016 Online Paling Mudah

Cara Daftar PUPNS Paling Mudah – Program Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil (PUPNS) yang akan dilaksanakan pemerintah dengan tujuan pemutakhiran data seluruh PNS dimulai 1 September 2015 nanti.

Cara daftar PUPNS secara online bagi seluruh PNS cukup dengan membuka website http://pupns.bkn.go.id. Di sana para PNS bisa mengisikan sejumlah data ke form E-PUPNS yang sudah disediakan sesuai tata cara yang diberikan.

cara-daftar-pupns-online

e-PUPNS 2016

Di halaman website PUPNS disebutkan bahwa tujuan Pendataan Ulang PNS ini agar didapatkan data akurat, kredibel dan terpadu yang akan dibutuhkan untuk perbaikan sistem informasi kepegawaian ASN (Aparatur Sipil Negara). Pada akhirnya pengelolaan manajemen ASN bisa menjadi lebih rasional yang merupakan sumber daya aparatur negara.

Advertisement

Bagi seluruh abdi negara, langkah pertama adalah akses laman pupns.bkn.go.id. Selanjutnya pilih menu register yang berada di sebelah atas. Berikutnya, klik ‘daftar‘ dan pendaftar dipersilahkan mengisikan nomor induk pegawai dan alamat email. Begitu selesai tekan tombol ‘lanjut’ dan ketikkan password yang dibuat sendiri. Catat password tadi untuk keperluan login selanjutnya.

Berikutnya pendaftar diminta mengisikan sejumlah data yang diperlukan. Jangan lupa juga di akhir langkah ketikkan kode captcha yang tertampil di layar. Sesudah selesai maka pendaftar akan memperoleh nomor register. Lakukan login untuk langkah selanjutnya yaitu melengkapi formulir elektronik PNS. Isi semua kolom dengan baik dan betul, cek kembali kebenarannya dan bila sudah lengkap, pendaftar bisa langsung mengirimkan formulir e-PUPNS untuk dilakukan verifikasi.

Formulir e-PUPN memuat data lengkap PNS, posisi/jabatan dan riwayat. Kecuali itu ada juga data bagi PNS guru yang khusus untuk PNS guru, data PNS dokter yang khusus diisi PNS dokter, beberapa lembaga/institusi terkait antara lain adalah Bapertarum (Badan Pertimbangan Tabungan Perumahan), BPJS Kesehatan serta Kartu Pegawai elektronik (KPE). Sebelum pendaftaran resmi dibuka, para PNS hendaknya sudah mempersiapkan seluruh berkas dan data yang diperlukan sehingga tak mengalami kendala saat registrasi nantinya.

Formulir bukti pendaftaran e-PUPNS kemudian selanjutnya dicetak. Ada 2 lembar yang formulir dimana lembar pertama nantinya diserahkan ke BKD untuk dilakukan verifikasi.Sementara lembar kedua untuk PNS bersangkutan.

Baca Juga : Cara Cek SK Sertifikasi Guru Paling Mudah