Cara Mendaftar SBMPTN 2017 dengan Mudah

Cara Mendaftar SBMPTN 2017 – Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) untuk tahun 2017 ini telah resmi dibuka dari 11 April kemarin. Para calon mahasiswa bisa mendaftar SBMPTN 2017 ini dari tanggal tersebut hingga 25 April jam 12 malam. Model seleksi SBMPTN ini didasarkan dari hasil ujian tertulis meliputi Paper Based Testing (PBT) dan Computer Based Testing (CBT). Prosedur cara daftar SBMPTN 2017 adalah sebagai berikut.

Seleksi masuk perguruan tinggi negeri ini bisa diikuti para lulusan SMA atau sederajat termasuk paket C tahun 2015, 2016 dan 2017. Untuk uang pendaftaran ditentukan sebanyak Rp.200.000. Untuk para peserta dari keluarga tidak mampu namun memiliki prestasi akademik baik diperkenankan mengikuti program Bidikmisi untuk mendapatkan bantuan pendidikan hingga lulus.

cara daftar SBMPTN 2017

Cara Mendaftar SBMPTN 2017

Prosedur cara daftar SBMPTN 2017, pertama kali calon pendaftar sebelumnya harus mengetahui dulu informasi lengkap menyangkut SBMPTN 2017 ini di website resmi http://www.sbmptn.ac.id. Setelah itu mulai melakukan pendaftaran dengan melengkapi nama lengkap dan tanggal lahir di alamat http://pendaftaran.sbmptn.ac.id. Pendaftar akan diberikan Kode Akses Pendaftaran (KAP), PIN serta Slip Pembayaran.

Di dalam Slip Pembayaran tersebut tertera Kode Pembayaran untuk proses pembayaran biaya pendaftaran di salah satu dari bank-bank berikut : Bank Mandiri, Bank BNI dan Bank BTN. Paling lambat pembayaran biaya pendaftaran tersebut ditentukan 3 hari dari pencetakan Slip Pembayaran.

Begitu pembayaran dilakukan, peserta silahkan mengakses laman resmi http://pendaftaran.sbmptn.ac.id. Hal-hal yang harus dilakukan yaitu meng-upload file foto berwarna yang sudah ditentukan, mengisi data induk di borang yang tersedia, melengkapi data asal sekolah dan tahun lulus, menentukan Panlok mana tempat mengikuti tes, dan menginput pilihan program studi yang dipilih.

Baca Juga:  Cara Daftar NPWP Online Paling Mudah

Jika program studi yang dipilih mengharuskan adanya ujian keterampilan maka pendaftar harus pula melengkapi data PTN tempat akan mengikuti ujian ketrampilan. Terakhir adalah mencetak Kartu Tanda Peserta untuk bukti terdaftar sebagai peserta SBMPTN 2017.