Cara Menggunakan Virtual Reality (Cara Membuat Virtual Reality Box)

Cara Menggunakan Virtual Reality – Virtual reality (VR) yang arti harfiahnya realitas maya merupakan teknologi terkini yang akan membuat penggunanya bisa berinteraksi ke sebuah lingkungan hasil simulasi komputer. Lingkungan itu sendiri tidak benar-benar ada dan hanya terjadi dalam imajinasi penggunanya. Pengguna bisa menikmati sensasi luar biasa saat memutar film layaknya menonton bioskop.

Agar bisa merasakan sensasi visualisasi VR ini diperlukan sebuah aplikasi. Google Cardboard adalah aplikasi VR yang dibuat Google yang bisa digunakan untuk alat cardboard box buatan sendiri. Cara membuat Virtual Reality Cardboard viewer box membutuhkan bahan-bahan sederhana. Beberapa bahan dan alat yang perlu disiapkan yaitu : kardus bekas tebal minimal 1.5mm, gunting atau cutter, lensa cembung ganda dengan jarak fokus 40mm, magnet neodymium berbentuk cincin dengan diameter 19mm dan tebal 3mm, velcro perekat, karet gelang dan NFC tag.

Cara Menggunakan Virtual Reality

Cara Menggunakan Virtual Reality

Langkah pertama unduh dulu aplikasi Google Cardboard dari Play Store dengan alamat di https://play.google.com/store/apps/details?d=com.google.samples.apps.cardboarddemo&hl=en. Aplikasi Cardboard Android ini sendiri memiliki beberapa fitur menarik antara lain : Earth dimana pengguna akan diajak “terbang” menggunakan Google Earth, YouTube yang akan menayangkan video YouTube dengan ukuran layar yang seolah-olah sangat besar dan masih banyak lagi.

Untuk cara membuat Virtual Reality Cardboard secara detil bisa dilihat di beberapa channel YouTube atau dengan mengunjungi website http://g.co/cardboard. Di sana dijelaskan secara rinci proses merangkai Cardboard dari kardus bekas dan bahan-bahan lain sebagaimana disebutkan di atas. Saat ini pun sudah banyak dijual alat VR Cardboard Box dengan harga mulai Rp.70 ribuan.

Setelah alat VR Cardboard buatan sendiri siap, kini saatnya digunakan. Cara menggunakan Virtual Reality cukup mudah. Namun sebelum itu siapkan dulu file yang akan dinikmati lewat cardboard viewer bisa berupa video atau game atau film 3D yang sudah tersimpan di ponsel Android dengan ukuran layar antara 4 inci hingga 5 inci. Kemudian untuk sistem operasi setidaknya menjalankan OS Android v.4.1 Jelly Bean. Kecuali itu ponsel Android pun wajib ada sensor Accelorometer dan Gyroscope.

Baca Juga:  Cara Pakai Uang THR untuk Libur dan Hari Raya Secara Efektip

Selanjutnya pasang ponsel pada Cardboard Viewer Box. Lalu jalankan aplikasi Google Cardboard sehingga tampilan layar akan terbagi menjadi dua yang artinya ponsel mendukung aplikasi ini. Bila ingin menonton video, tinggal jalankan filenya atau bila ingin memutar video-video dari YouTube, tinggal jalankan aplikasi YouTube dan pilih video yang akan diputar.