Cara Menginstall Printer Seri Lama di OS Windows 10

Cara Menginstall Printer Seri Lama di OS Windows 10 – Windows 10 memang jauh lebih baik dibandingkan dengan versi Windows lainnya. Ada banyak sekali fitur menarik yang tidak akan anda temukan di versi Windows sebelumnya. Bagi Anda yang ingin mengetahui cara install sistem operasi Windows 10, silahkan baca Cara Install Windows 10 Info Lengkap Disini!.

Namun seperti halnya versi Windows sebelumnya, Windows 10 juga masih memiliki sedikit permasalahan, terutama masih tergolong sebagai sistem operasi baru.

Salah satu masalah yang paling sering dialami oleh orang-orang yang bermigrasi dari Windows versi lama ke Windows 10 adalah masalah sulitnya install driver perangkat lain, salah satunya adalah printer, terutama printer seri lama.

Mau tau bagaimana cara menginstall printer seri lama agar bisa digunakan di laptop atau komputer yang sudah menggunakan sistem operasi Windows 10? Anda bisa membaca cara menginstall printer seri lama di OS Windows 10 selengkapnya di artikel ini.

Cara Menginstall Printer Seri Lama di OS Windows 10

2 Cara Alternatif Install Driver Printer Seri Lama Agar Bisa Digunakan di Sistem Operasi Windows 10

Bagi anda yang masih menggunakan printer seri lama, terutama yang diproduksi pada kisaran tahun 2006 sampai tahun 2010, kemungkinan besar anda tidak akan bisa menggunakan printer anda ketika sistem operasi komputer atau laptop anda ditingkatkan menjadi Windows 10.

Hal tersebut dikarenakan driver printer yang dibuat pada tahun 2006 sampai 2010 memang hanya bisa digunakan untuk komputer atau laptop yang menggunakan sistem operasi Windows XP sampai Windows 7 saja.

Baca Juga:  Cara Cek Flash Player dan Cara Atasi Masalahnya

Lalu apakah anda juga harus membeli printer baru jika saat ini komputer atau laptop anda menggunakan sistem operasi Windows 10? Jika memang printer yang anda miliki masih bisa digunakan, anda tidak perlu membeli printer baru. Masih ada banyak cara menginstall printer seri lama agar bisa digunakan di laptop atau komputer yang menggunakan sistem operasi Windows 10.

Berikut ini adalah 2 cara menginstall printer seri lama agar tetap bisa digunakan di komputer atau laptop yang menggunakan sistem operasi Windows 10:

1. Mencari driver printer untuk sistem operasi Windows 10 dari produsen

Mayoritas produsen printer seperti HP, Epson, Canon, dan Lexmark biasanya memberikan pembaruan driver printer, terutama setelah Windows 10 mulai diluncurkan secara resmi.

Hal ini dilakukan agar para konsumen yang menggunakan perangkat mereka tetap bisa menggunakan printer yang sudah dibeli dengan menggunakan komputer atau laptop dengan sistem operasi Windows 10.

Anda bisa mengunduh driver sesuai dengan seri printer yang anda miliki secara langsung di website produsen printer anda.

Setelah anda berhasil mengunduh driver baru untuk printer seri lama anda, maka anda hanya perlu melakukan instalasi saja di komputer atau laptop anda.

Cara menginstall printer menggunakan driver baru sama seperti ketika anda memasang driver dengan menggunakan CD bawaan dari produsen.

2. Memanfaatkan fitur compatibility mode

Memang mayoritas produsen printer selalu memberikan driver baru agar perangkatnya tetap bisa digunakan di sistem operasi Windows 10. Namun demikian, tetap saja ada beberapa seri printer yang tidak lagi mendapatkan support dari produsen karena alasan sudah terlalu tua tahun produksinya dan sudah tidak diproduksi lagi.

Baca Juga:  Cara Nonton Bigo Live di Komputer atau Laptop dengan Mudah

Jika memang seri printer anda sudah tidak lagi mendapatkan support dari produsen, masih ada cara menginstall printer agar tetap bisa digunakan di laptop maupun komputer yang sudah menggunakan sistem operasi Windows 10.

Untuk kasus ini, anda bisa menggunakan fitur compatibility mode yang ada di sistem operasi Windows. Berikut ini cara menginstall printer seri lama dengan menggunakan fitur compatibility mode:

  • Install hanya driver utama printer yang terdapat di dalam CD bawaan.
  • Setelah proses instalasi selesai, klik kanan pada icon printer anda di desktop.
  • Pilih menu troubleshoot compatibility.
  • Tunggu proses deteksi driver berjalan normal di versi Windows berapa.
  • Pilih pengaturan yang direkomendasikan oleh Windows.
  • Coba jalankan aplikasi printer anda.

Jika anda masih belum bisa menjalankan aplikasi bawaan printer seri lama anda, coba pilih compatibility mode untuk versi Windows XP atau Windows 7 secara manual.

Mayoritas pengguna Windows 10 biasanya berhasil menggunakan kembali printer seri lamanya dengan menggunakan salah satu dari 2 cara menginstall printer yang sudah dibahas di artikel ini.

Bagaimana dengan anda? Apakah anda juga sudah bisa menggunakan kembali printer lama anda dengan menggunakan cara menginstall printer seri lama di OS Windows 10 tersebut?

Loading...