Cara Mudah Mengatasi Ponsel Android Yang Lemot

Cara Mudah Mengatasi Ponsel Android Yang Lemot – Hal pertama kali yang anda cari saat sebelum membeli HP android adalah spesifikasi dari android itu sendiri. Anda pasti mencari smartphone yang memiliki kinerja yang baik dalam segala hal seperti kecepatan dalam mengakses internet, bermain game, dan sebagainya.

Pada saat anda pertama kali membeli yang anda perhatikan adalah kapasitas RAM pada android hal ini bertujuan agar android tidak lemot pada saat digunakan untuk mengakses apa saja. Karena RAM yang memiliki kapasitas tinggi identik dengan kecepatannya dalam memproses data, mengakses aplikasi internet dan kinerja android lainnya. Namun, tahukan anda mau berapa besar pun RAM yang ada di android kamu dalam beberapa kondisi pasti android akan terasa lemot.

Mengatasi Android Lemot Dengan Mudah

Android yang lemot terjadi karena beberapa hal bukan hanya masalah besarnya RAM saja. Adapun beberapa hal penyebab android lemot antara lain disebabkan oleh:

  • Spesifikasi android anda yakni kapasitas dari internal memory dan RAM android tersebut hal tersebut sangat mendukung dalam menginstal aplikasi canggih yang akan dipasang. Untuk mengetahui RAM dan Internal memory anda dapat melihatnya di Task Manager.

  • Versi OS android, bagi anda yang ingin membeli atau memakai android pastikan anda mengetahui versi sistem operasi yang digunakan di android tersebut. Misalnya versi android OS 4.4 Kitkat dan yang terbaru adalah Android 5.0 Lollipop. Cara memeriksanya adalah tap drawer setting> About Phone> Android Version.

  • Memory eksternal (Micro SD), ternyata dalam masalah ini Memory eksternal juga mempengaruhi kelemotan yang terjadi pada android anda. Memory eksternal yang baik bukan dilihat dari kapasitas penyimpinan (8Gb, 16Gb, atau 32 Gb) namun memory eksternal yang baik adalah micro SD yang memiliki Class 10 dan hal ini sangat cocok bagi anda yang menggunakan android untuk tujuan bisnis atau yang memiliki hobby menggambar. Dengan mengetahuinya adalah dengan cara mematikan lalu buka android anda dan lihat Micro SD anda biasanya terdapat angka 4, 6, dan 10 yang menggunakan huruf kecil pada Micro SD anda.

  • Terlalu banyak aplikasi yang di install juga mempengaruhi tingkat kecepatan android anda. Hal ini berkaitan dengan versi android OS yang anda gunakan. Saran saya adalah jangan terlalu banyak menginstal aplikasi karena akan menyebabkan android menjadi blank, crashing, force close dan bahkan menyebabkan android anda lemot. Pastikan anda mendownload aplikasi dari Google play store atau Amazon aplikasi karena server tersebut akan secara otomtatis memonitoring aplikasi apa yang cocok untuk android anda. Selain itu mendownload aplikasi dari server tersebut terbukti lebih aman dari virus karena mereka akan memeriksanya secara otomatis. Selain itu banyaknya aplikasi yang berjalan di belakang layar seperti aplikasi jejaring sosial misalnya LINE, Whatsapp, BBM, WeChat, Instagram, Facebook, dan lain sebagainya juga berdampak pada melemahnya kecepatan android anda.

  • Widget yang terlalu banyak atau berlebihan

Kebanyakan orang akan banyak memasang widget pada bagian depan layar agar terlihat menarik dan keren. Namun, widget yang terlalu banyak anda pasang pada home screen juga dapat menyebabkan android yang anda gunakan menjadi lemot. Widget yang terlalu banyak anda pasang akan menyebabkan RAM terkuras habis karena widget membutuhkan RAM yang tidak sedikit. Maka dari itu gunakanlah widget seperlunya saja.

  • Tumpukan Cache yang tidak pernah dihapus

Pada umumnya file Cache dapat mempercepat kinerja pada android saat sedang membuka aplikasi tertentu karena dapat menjadi jalan pintas dalam melakukan pencarian. Namun, banyanya file cache dan menumpuk mengakibatkan HP android yang anda gunakan menjadi lemot, sering lag, dan force close secara tiba-tiba, bahkan dapat ter-restart sendiri. Alangkah lebih baiknya jika anda secara rutin membersihkan tumpukan Cache yang ada pada android anda.

Itulah beberapa penyebab yang membuat ponsel android anda lemot. Lalu, bagaimana cara mengatasi HP android yang lemot. HP android yang lemot dapat dilakukan dengan beberapa cara antara lain:

Baca Juga:  Info Harga dan Spesifikasi Galaxy J1 Terbaru 2017

Aplikasi Clean Master di Android

  1. Menggunakan Aplikasi Clean Master

Penggunaan aplikasi clean master dapat anda gunakan untuk menghapus file sampah yang ada pada android. file sampah itu sendiri terdiri dari berbagai macam mulai dari history, basis data, temporary dan lainnya. Sebenarnya untuk membersihkan file sampah yang ada pada android dapat dilakukan secara manual, namun untuk mengefektifkan dan menghemat waktu, anda dapat menggunakan salah satu aplikasi seperti Clean Master, Ccleaner, 1 Tap Cleaner, Go Speed, DU Booster, dan aplikasi sejenis lainnya yang dapat anda download di Play store android anda. untuk melakukannya secara manual anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Pengaturan/Setting > Setelan tambahan > Manajemen Aplikasi > cari nama aplikasi > pilih Hapus Cache

Dengan catatan cara diatas hanya dapat dilakukan pada Smartphone dengan sistem operasi android versi 5.1.1 Lollipop. Jika anda menggunakan versi lain anda dapat menyesuaikannya sendiri.

Widget pada Home Screen

  1. Menghapus Widget pada Home Screen

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya mengenai penyebab HP android yang lemot salah satuny adalah karena terlalu banyak penggunaan widget. Untuk penggunaan widget pilih yang penting saja seperti widget jam dan kalender. Untuk widget yang lainnya anda dapat mengapusnya saja karena akan memakan banyak RAM anda. RAM dapat anda gunakan untuk yang penting saja seperti untuk aplikasi massenger dan internetan

  1. Pindahkan aplikasi ke Micro SD

Apabila aplikasi yang ada pada memory internal sudah terlalu penuh, anda dapat memindahkan aplikasi tertentu ke memori eksternal yang terpasang pada android anda. Namun, cara ini hanya dapat dilakukan untuk android versi Jelly Bean ke atas. Anda tidak perlu aplikasi tambahan untuk memindahkannya, cukup dengan menggunakan fitur yang terdia yaitu “pindahkan aplikasi” yang ada pada android. Caranya yaitu dengan melakukan langkah-langkah berikut:

Pengatura > Aplikasi > Terunduh > Cari nama “Aplikasi” > kemudian pilih “pindahkan ke kartu SD”

  1. Gunakan aplikasi virus terbaik

Android yang lemot juga dapat disebabkan oleh adanya virus atau malware yang ada pada smartphone android anda. Untuk mengatasi masalah ini, gunakan satu aplikasi virus terbaik seperti Avira, CM Security, Kasoersky, AVG, dan lainnya. Jangan memasang lebih dari satu aplikasi virus karena hal tersebut hanya akan membuat lemot dan berat. Jadi, cukup instal aplikasi antivirus yang menurut anda adalah yang terbaik.

  1. Gunakan Launcher Terbaik dan aman

Tema android atau yang biasa disebut dengan Launcher merupakan solusi terakhir untuk mengatasi android yang lemot. Ada banyak aplikasi Launcher yang ditawarkan yang dapat membuat performa android menjadi bagus, ringan, dan cepat. Selain mempercantik tampilan layar android anda, ternyata launcher dapat digunakan untuk mengatasi solusi agar android anda tidak lemot ataupun lag. Untuk mendapatkan aplikasi launcher yang terbaik dan cantik anda dapat langsung mendowloadnya di Play Store.

Itulah beberapa tips mengatasi HP android yang lemot, anda dapat menerapkan beberapa tips yang sudah dijelaskan diatas. Semoga bermanfaat dan dapat membuat HP android anda tidak berat dan lemot.

Baca Juga:  Spesifikasi dan Harga Lenovo A6000 Plus Terbaru