Cara Pakai Aplikasi e Faktur Pajak Lengkap

Cara Pakai Aplikasi e Faktur Pajak Lengkap – Saat ini Pengusaha Kena Pajak (PKP) diharuskan untuk membuat faktur pajak dalam bentuk elektronik yang dinamakan e-faktur. Layanan e-faktur ini diluncurkan untuk makin memudahkan para pengusaha melaporkan transaksi bisnis kena pajak. E-faktur bisa dibuat para pengusaha dengan menggunakan aplikasi e-faktur. Aplikasi e-faktur bisa diunduh di website Direktorat Jenderal Pajak dengan alamat https://efaktur.pajak.go.id/aplikasi.

Cara pakai aplikasi e faktur pajak bisa disimak dari penjelasan berikut. Mula-mula jalankan aplikasi e-faktur pajak, double klik pada ETaxInvoice. Koneksikan database pajak ke laptop atau komputer lewat jalur internet. Ketikkan username dan password yang sudah dibuat sebelumnya.

Aplikasi e Faktur Pajak

Aplikasi e Faktur Pajak

– Memasukkan lawan transaksi
Masuk menu Referensi – Lawan Transaksi – Administrasi Lawan Transaksi kemudian klik tombol “Tambah”. Inputkan data lengkap berkenaan dengan lawan transaksi anda. Agar data Lawan Transaksi bisa tampil maka klik pada tombol “Perbaharui”. Kita pun bisa merubah data atau malah menghapusnya menggunakan tombol “ubah” dan “hapus”.

Advertisement

– Memasukkan data barang dan jasa
Sama dengan masuk menu Referensi – Lawan Transaksi – Administrasi Barang / Jasa. Tekan pada tombol “Tambah” untuk memasukkan data-data mengenai barang atau jasa yang kita miliki. Simpan data-data yang sudah diinputkan dengan klik tombol “Perbaharui”. Untuk mengoreksi data barang atau jasa yang keliru kita bisa menggunakan tombol “Ubah” untuk merubah dan “Hapus”.

– Memasukkan Nomor Faktur
Klik pada tombol referensi-referensi nomor faktur untuk menampilkan halaman isian nomor faktur.

– Membuat E-Faktur Pajak Keluaran
Klik pada menu Faktur – Pajak keluaran – Administrasi Faktur. Selanjutnya klik “Rekam Faktur”. Untuk lembar isian Referensi faktur hanya diisi bila transaksi memakai valuta asing. Bila sudah lengkap klik tombol “Lanjutkan”. Anda dipersilahkan meng-input data lawan transaksi yang tadi sudah diisi. Kita tinggal mencarinya dengan klik “Cari NPWP”. Ketikkan Nomor NPWP lawan transaksi kemudian tekan “Cari”. Setelah ketemu, klik nomor NPWP lawan transaksi anda, cek sekali lagi datanya dan bila sudah betul klik “Lanjutkan”. Selanjutnya adalah meng-input data barang yang anda transaksikan dengan lawan transaksi. Klik “Rekan Transaksi” dan inputkan data barang yang kita transaksikan. Bila sudah selesai akhir dengan klik “Simpan”.

– Mengupload Faktur
Cek sekali lagi data-data yang dimasukkan tadi sebab jika sudah diupload kita tak bisa merubah datanya lagi. Klik tombol “Preview” untuk mengeceknya sekali lagi lalu tekan “Upload”. Bila status approval sudah ada maka anda bisa klik tombol “PDF” untuk mencetaknya.