Cara Pakai Uang THR untuk Libur dan Hari Raya Secara Efektip

caracekterupdate.com – Lebaran sebentar lagi, Tunjangan Hari Raya (THR) merupakan hak yang diterima tiap pekerja. Akan tetapi karena terlalu menurutkan keinginan, acapkali belanja hari raya malah nombok sebab lebih besar dari nominal THR yang diperoleh. Lantas bagaimana cara pakai uang THR untuk libur dan hari raya secara efektip? Bagaimana mengelola duit cuma-cuma ini supaya tak nombok? Pastinya Anda mesti paham betul alokasi uang untuk pos apa saja.

Cara Pakai Uang THR untuk Libur dan Hari Raya Secara Efektip

Uang THR

Anda harus tahu dulu apa saja pengeluaran rutin hari raya sehingga memprioritaskan pos tersebut terlebih dulu. Berikut hal-hal yang mesti didahulukan berkenaan uang THR yang anda terima :

– Melunasi kewajiban
Melunasi kewajiban seperti membayar zakat, uang untuk orangtua dan saudara serta juga bonus bagi pembantu di rumah.

Advertisement

– Dana untuk mudik
Biaya mudik merupakan urusan yang harus diprioritaskan untuk dipenuhi. Biaya ini mencakup uang transport serta akomodasi.

– Amplop untuk kerabat
Anda yang mudik ketika hari raya tiba, tak usah mengalokasikan uang terlalu banyak untuk membeli kue-kue lebaran di rumah. Uangnya lebih baik dianggarkan untuk mem≠beli oleh-oleh dan juga amplop berisi uang bagi sanak-keluarga di kampung. Sementara bila tak mudik, uang yang ada dapat dipakai membeli hadiah dan juga uang ketika berkunjung ke sanak saudara.

– Jamuan hari raya
Kalau Anda tak mudik maka harus disediakan dana untuk membeli jamuan hari raya. Anda bisa memperkirakan berapa banyak tamu yang akan berkunjung ke rumah ketika hari raya sehingga hidangan tak berlebih.

– Pakaian
Membeli baju baru sebetulnya merupakan hal yang tak begitu penting dan hanya jika diperlukan saja. Anda harus membatasi dana maksimal tiap anggota keluarga sehingga tidak menyedot terlalu banyak.

– Berlibur
Libur hari raya pun identik dengan mengunjungi tempat-tempat wisata. Untuk itu anda harus menentukan lebaran ini akan ke mana. Sesuaikan dengan sisa uang THR yang ada dan jangan memaksakan dengan mengunjungi obyek wisata yang jauh yang berarti juga membutuhkan dana besar.