Cara Sharing Printer Ga Pake Ribet Liat Disini

Cara Sharing Printer – Sharing printer pengertiannya yaitu berbagi pakai satu printer untuk dua hingga 10 PC atau laptop via jaringan local area network (LAN). Sharing printer cukup menguntungkan sebab bisa lebih menghemat jumlah printer sekaligus juga membuat ruangan kerja lebih tertata rapi. Prinsip sharing printer ini yakni seluruh komputer atau laptop yang tersambung harus berada di jaringan yang sama.

Cara sharing printer sebenarnya mudah saja. Segala macam tipe dan merek printer dapat disharing lewat jaringan LAN ini. Sebelum sharing printer disetting, harus dipastikan terlebih dulu bahwa seluruh komputer atau laptop telah disambungkan ke printer lewat kabel LAN. Aktifkan juga beberapa opsi sharing printer di kartu jaringan komputer/laptop. Selanjutnya cara sharing printer ga pake ribet untuk komputer/laptop dengan Windows 7 adalah sebagai berikut.

Cara Sharing Printer Windows 7, 8, 10, windows xp

Cara Sharing Printer

Pertama klik pada menu Start di pojok kiri bawah, selanjutnya klik pada Control Panel. Berikutnya tekan menu “Devices and Printers” dan lakukan klik kanan di bagian layar yang kosong dan pilih opsi “Add a Printer“. Maka akan keluar jendela “Add Printer Wizard“, klik tombol “Next“. Lanjutkan dengan klik pada “a network printer, or a printer attach to another computer” dan kemudian klik tombol “Next“. Ketikkan spesifikasi dari printer yang hendak di-sharing yang biasanya adalah nama printer, ip address dan juga hostname komputer, selanjutnya klik tombol “Next“. Sesudah itu ketikkan nama printer yang tercantum pada jaringan komputer.

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan yaitu klik “Start” berikutnya klik pada “Control Panel“. Klik pada “devices and printer” lantas lakukan klik kanan pada opsi Properties Printer yang telah terinstal pada komputer utama. Sesudah itu pilih tab “sharing” kemudian aktifkan opsi “sharing this printer” dengan memberikan tanda centang. Pengguna bisa menamai sharing printer yang baru saja dibuatnya tersebut untuk memudahkan identifikasi. Dan akhiri dengan klik pada tombol OK atau Apply.

Baca Juga:  Cara Cek Garansi Apple dan Cara Membeli Garansi Tambahan

Kini printer siap difungsikan oleh komputer/laptop yang terkoneksi. Pengguna dapat mengakses printer dari Windows Explorer. Untuk itu dalam kolom Address bar, ketikkan IP address dari komputer yang terlibat misalnya : 192.168.10.10. Alamat IP address tersebut mengikuti jaringan LAN yang tadi dibuat. Maka akan muncul nama printer yang di-sharing. Klik kanan pada nama printer tersebut lalu klik pada tombol Connect. Setelah Connecting, komputer sudah dapat menjalankan printer tersebut untuk mencetak.