Inilah Beberapa Cara Mengatasi Kebotakan Rambut Kepala Yang Efisien

Inilah Beberapa Cara Mengatasi Kebotakan Rambut KepalaCara mengatasi kebotakan memang selalu menjadi informasi yang sering dicari karena masalah kebotakan ini umum terjadi. Hampir 30% orang didunia pernah mengalami masalah rambut rontok yang bisa menyebabkan kebotakan. Normalnya, kebotakan terjadi karena proses penuaan pada manusia Namun, saat ini kasus rambut rontok bisa terjadi sejak usia remaja. Masalah kebotakan ini mempengaruhi dua pertiga pria pada usia 35, dan sekitar 85 persen pria pada usia 50 tahun.

Saat ini ada beberapa pilihan pengobatan yang tersedia untuk cara mengatasi kebotakan dan menghentikan gejala rambut rontok. Sebagian besar perawatan rambut rontok hanya mengatasi masalah kerontokan rambut dan bukan menjadi solusi permanen untuk menghentikan gejala rambut rontok ini.

Cara Mengatasi Kebotakan Rambut Kepala

Berikut ini beberapa metode yang sering digunakan untuk mengatasi kebotakan pada rambut kepala :

Inilah Beberapa Cara Mengatasi Kebotakan Rambut Kepala

Menggunakan metode transplantasi rambut

Transplantasi rambut atau pencangkokan rambut kepala adalah salah satu cara yang memiliki sifat permanen untuk mengatasi masalah rambut rontok. Seorang ahli bedah akan menanamkan rambut baru di tempat yang tidak ditumbuhi rambut. Namun, saat ini metode transplantasi atau pencangkokan rambut memiliki beberapa keterbatasan dan memiliki biaya yang sangat mahal serta bisa menimbulkan rasa nyeri, resiko timbulnya jaringan parut dan bahkan bisa menyebabkan infeksi. Sehingga metode ini dinilai kurang efisien.

Baca Juga:  Cara Mengecilkan Perut Buncit, Lebih Sehat Dan Lebih Menarik

Menggunakan obat – obatan tertentu

Ada dua jenis obat yang disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA) A.S. untuk mengobati rambut rontok yaitu minoxidil (Rogaine) dan finasteride (Propecia). Penggunaan minoxidil untuk mengatasi kebotakan ditemukan secara tidak sengaja. Sebenarnya minoxidil banyak digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi, namun para periset menemukan bahwa salah satu efek samping obat adalah mampu merangsang pertumbuhan rambut baru.

Lotion minoxidil dapat dioleskan ke kulit kepala dan bisa bekerja dengan meningkatkan aliran darah dan mampu memberi nutrisi pada folikel rambut. American Hair Loss Association mengatakan bahwa sebagian besar ahli sepakat bahwa minoxidil adalah obat yang memiliki efek samping yang sangat kecil sehingga dianggap cukup efektif untuk mengatasi kebotakan. Tetapi penggunaan obat ini harus dilakukan secara berkelanjutan, karena jika dihentikan pemakaiannya maka gejala rambut rontok akan kembali terjadi.

Yang kedua dengan menggukanan obat finasteride. Obat ini biasanya digunakan untuk mengobati kelenjar prostat yang membesar. Penggunaan finasteride ternyata mampu mengatasi kerontokan rambut Anda, tetapi pengobatan ini tidak bekerja pada wanita dan khasiatnya akan hilang jika pengobatan dihentikan.

Baca Juga:  Tips Menghilangkan Bau Mulut Paling Ampuh

Menggunakan terapi laser tingkat rendah

Terapi laser tingkat rendah atau low level laser therapy (LLLT) adalah salah satu metode untuk mengatasi gejala kerontokan rambut. LLLT telah terbukti dapat merangsang pertumbuhan rambut pada pria dan wanita. Para peneliti memiliki hipotesis bahwa mekanisme utama yang terlibat dalam proses ini adalah stimulasi sel punca epidermal pada folikel dan menggeser folikel kembali ke fase pertumbuhan secara normal.

Itula tiga saran medis untuk mengatasi kebotakan bahkan di usia muda. Memang masih banyak sekali cara mengobati kebotakan tanpa harus menggunakan saran medis. Salah satu cara alami yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan minyak kemiri. Meski masih belum ada fakta penelitian yang menjelaskan manfaat minyak kemiri untuk mengobati kebotakan, namun tidak ada salahnya cara ini Anda coba sebelum menggunakan bantuan medis.

Loading...