Mekanisme Cara Memperpanjang SKCK

Cara Memperpanjang SKCK – SKCK yang kepanjangannya Surat Keterangan Catatan Kepolisian adalah dokumen resmi yang menyatakan jika nama yang tertera berkelakuan baik dan tak sekalipun melanggar hukum atau tindak pidana.

Dokumen ini diterbitkan pihak kepolisian baik di tingkat Polsek atau Polres di tiap-tiap wilayah. SKCK digunakan menjadi salah satu dokumen yang harus dilampirkan saat melamar pekerjaan, melanjutkan pendidikan dan yang lainnya. Masa berlaku surat ini 1 tahun dan bisa diperpanjang kembali.

cara memperpanjang skck yang sudah lama mati

cara memperpanjang skck

Cara memperpanjang SKCK yang akan habis masa berlakunya cukup mudah. Syarat-syarat yang harus disiapkan sebelum mendatangi kantor Polsek atau Polres yaitu : SKCK lama, fotokopi Akte Kelahiran, fotokopi Kartu Keluarga, fotokopi KTP dan pasfoto ukuran 4×6 cm sebanyak 3 lembar dengan latar belakang merah.

Siapkan juga biaya perpanjangan SKCK yang menurut ketentuan sebesar Rp.10.000. Setelah semua berkas siap, langsung saja menuju Polsek atau Polres sesuai domisili. Di bagian pelayanan SKCK serahkan semua dokumen yang ditentukan beserta formulir perpanjangan SKCK yang sudah dilengkapi.

Saat ini cara memperpanjang SKCK masih belum bisa dilakukan secara online. Yang ada baru layanan untuk pendaftaran SKCK baru. Caranya dengan mengakses website resmi Polri di alamat http://skck.polri.go.id/.

Pemohon harus mengisi formulir pendaftaran dan kemudian mencetak kode registrasi. Pemohon diharuskan mengunggah beberapa dokumen yang ditentukan dan juga melengkapi formulir yang ada secara berurutan. Dokumen yang harus diupload yaitu KTP, Akta Kelahiran, Kartu Keluarga dan foto diri.

Selanjutnya pemohon membawa kode registrasi dan beberapa dokumen yang dipersyaratkan ke kantor polisi yang ditentukan saat mengisi formulir pendaftaran di website. Serahkan kepada petugas SKCK untuk diproses lebih lanjut. Hanya butuh waktu 5 menit saja pemohon sudah bisa membawa pulang surat SKCK yang diminta.

Baca Juga:  Cara Membuat SKCK Paling Mudah

SKCK dibedakan menjadi dua yaitu yang dikeluarkan oleh Polsek (tingkat kecamatan) dan yang dikeluarkan Polres (tingkat kabupaten/kota). Bila ingin mendaftar sebagai pegawai negeri atau BUMN biasanya mensyaratkan SKCK yang diterbitkan oleh Polres. Sementara jika ingin melamar kerja di perusahaan-perusahaan swasta cukup dengan SKCK yang diterbitkan oleh Polsek.