Tata Cara Mandi Wajib Sesuai Tuntunan Rasulullah SAW

Tata Cara Mandi Wajib Sesuai Tuntunan Rasulullah SAW – Kala seorang muslim sedang junub apakah itu disebabkan hubungan suami istri atau bermimpi basah maka wajib atasnya mandi sehingga kembali suci.

Berikut tata cara mandi wajib beserta doanya sesuai dengan yang diajarkan oleh Rasulullah SAW berdasar beberapa hadits shahih :

Cara Mandi Wajib Yang Benar

Tata Cara Mandi Wajib

– Berniat mandi wajib
Mandi wajib diawali dengan membaca Basmallah dan berniat untuk membersihkan hadast besar. Niat dalam hati ini akan membedakannya dengan mandi keseharian.

– Mencuci kedua telapak tangan
Selanjutnya cuci tangan kiri sekaligus dibersihkan menggunakan tangan kanan. Dilanjutkan mencuci tangan kanan yang dibersihkan sela-sela jarinya menggunakan tangan kiri. Masing-masing dilakukan sebanyak 3 kali. Hal ini sesuai dengan hadist yang diriwayatkan oleh Muslim yang artinya : “Dari Aisyah bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam mandi karena junub, maka beliau mengawalinya dengan mencuci kedua telapak tangannya sebanyak tiga kali”

– Membersihkan alat kelamin
Basuh dan bersihkan kemaluan dari sisa-sisa sperma atau kotoran lain yang masih menempel hingga bersih.

– Wudhu
Berikutnya adalah berwudhu sama seperti wudhu ketika akan shalat.

– Membasahi rambut dan menyela pangkal kepala
Telapak tangan dimasukkan ke air atau ambil air menggunakan kedua telapak tangan lantas basuhkan dan gosokkan ke kulit kepala. Ikuti dengan menyiram kepala sebanyak 3 kali.

– Membasuh dan membersihkan seluruh tubuh
Segenap bagian tubuh harus disiram air dan kemudian dibersihkan tak terkecuali sela-sela jari kaki maupun ketiak. Hal ini sesuai dengan tuntunan Nabi SAW dalam hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari :

“Dari ‘Aisyah istri Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, bahwa bila Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam mandi junub, beliau mengawalinya dengan mencuci kedua telapak tangannya, selanjutnya berwudlu sama seperti wudlu untuk shalat, kemudian memasukkan jari-jarinya ke dalam air dan menggosokkannya ke kulit kepala.

Sesudahnya beliau menyiramkan air ke atas kepalanya menggunakan cidukan kedua telapak tangannya hingga 3 kali, terus beliau menyiram seluruh kulitnya.”

Itulah tata cara mandi wajib menurut yang dituntunkan oleh Nabi Muhammad SAW. Rukun mandi wajib ini cuma dua yaitu berniat dan membilas seluruh permukaan kulit tubuh dan rambut, sementara langkah yang lain termasuk sunnah. Bila kita mengamalkannya maka bukan saja akan suci dari hadast besar namun juga mendapatkan pahala.