Tata Cara Shalat Tahajud Lengkap Ada Disini

Tata Cara Shalat Tahajud – Banyak dari muslim yang membiasakan diri dengan shalat Tahajud sudah merasakan keistimewaan amalan yang begitu dianjurkan oleh Rasulullah SAW ini. Hal tersebut lantaran shalat Tahajud memiliki suatu rahasia hebat yang akan menjadikan seorang muslim diberikan kemudahan menggapai sukses hidup.

Lewat mengerjakan ibadah shalat di sepertiga malam terakhir maka setiap do,a yang terucap pasti diluluskan Allah SWT.

Cara Sholat Tahajud Yang Benar

Tata Cara Shalat Tahajud

Setiap pribadi muslim tentu menghendaki kedudukan terpuji di sisi Allah. Oleh sebab itu, termasuk jalan meraihnya yaitu melaksanakan shalat Tahajud sebgai sebaik-baiknya shalat Sunnah.

Firman Allah dalam Quran surah al-Isra : 79, “Dan pada sebagian malam laksanakanlah shalat Tahajud (sebagai suatu ibadah) sebagai tambahan bagimu. Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.” Lalu bagaimana tatacara shalat Tahajud secara lengkap dan benar?


Advertisement

Menurut penjelasan Ibnu Umar radhiyallahu anhu, seseorang bertanya, Wahai Rasulullah, bagaimanakah shalat malam itu? Beliau menjawab : Dua rakaat dua rakaat dan jika kamu khawatir mendapati subuh, maka hendaknya shalat witir satu rakaat. (HR. Bukhari). Pada hadits Ibnu Umar radhiyallahu anhu disebutkan : Shalat malam hari dan siang hari adalah dua rakaat dua rakaat. (HR Ibn Abi Syaibah).

Niat Shalat Tahajud :

Ushallii sunnatat-tahajjudi rak’ataini lillaahi ta’aalaa.
Artinya: “Aku niat shalat sunat tahajud dua rakaat karena Allah”

Shalat Tahajud dilaksanakan paling sedikit dua rakaat lalu salam dengan maksimal 8 sampai 12 rakaat. Sebagaimana juga pelaksanaan shalat pada umumnya, tatacara shalat Tahajud pun harus berniat, kemudian membaca Takbiratul Ihram.

Dilanjutkan dengan membaca surah Alfatihah dan disambung dengan bacaan surah Alquraan boleh yang pendek atau yang panjang mana yang sudah hafal. Selanjutnya Ruku seraya mengucapkan bacaan tasbih 3 kali dan disusul I’tidal dengan bacaannya.

Dilanjut dengan bersujud diikuti ucapan tasbih 3 kali. Duduk antara dua sujud dengan membaca lafadz-nya. Berikutnya sujud kedua sembari mengucapkan tiga kali tasbih. Berdiri dari sujud selanjutnya mengerjakan rekaat kedua dengan tatacara yang sama dengan yang pertama tadi. Selanjutnya duduk Tasyahud akhir diikuti bacaannya dan kemudian diakhiri dengan dua kali salam.

Doa yang dibaca setelah shalat Tahajud pun sama seperti bacaan yang dilantunkan setelah shalat wajib. Disunahkan membaca Istigfar 3 kali, tasbih 33 kali, tahmid 33 kali dan takbir 33 kali. Setelah itu boleh melafalkan doa apa saja sesuai hal apa yang diharapkan untuk dikabulkan Allah. Kebiasaan orang-orang Shalih ini baiknya dilakukan dengan rutin setiap malam selama tidak ada uzur.