Tips Interview Kerja Agar Diterima Kerja

Tips Interview Kerja – Interview merupakan tahapan kedua setelah kita mengirimkan lamaran kerja ke sebuah perusahaan. Di samping tes keahlian dan juga psikotes, interview pun ikut berperan diterima tidaknya para pelamar kerja di perusahaan bersangkutan.

Jika saat ini anda sedang mempersiapkannya, beberapa tips interview kerja agar diterima berikut ini bisa anda ikuti :

tips interview kerja

tips wawancara kerja

– Pelajari dengan baik profil perusahaan
Anda dapat mencarinya lewat internet atau menanyakannya langsung kepada para pegawai di sana jika memang kebetulan anda punya kenalan. Jika anda paham secara umum perusahaan yang akan dilamar tentu itu menjadi nilai plus dan menambah kans untuk diterima.

– Hadir awal
Anda disarankan sudah datang paling telat 20 menit sebelum jadwal interview dimulai. Dengan begitu anda memiliki waktu lebih untuk persiapan dan menata pikiran dan juga penampilan. Jika karena suatu sebab ternyata anda terlambat, secepatnya beritahukan kepada interviewer di perusahaan tersebut.

– Memberi ucapan salam
Ketika masuk ke ruang wawancara hendaknya mengucapkan salam lebih dulu. Seperti “Selamat pagi Pak”, “Selamat siang Bu”. Atau boleh juga dengan mengatakan “Senang dapat menemui Bapak”. Ucapan salam atau kalimat lain akan membuat interviewer merasa dihargai.

Baca Juga:  Cara Mudah Cek Gula Darah Secara Mandiri

– Lakukan jabat tangan
Ulurkan tangan anda sekaligus mengenalkan diri. Ini adalah tindakan formal yang akan memberikan kesan bahwa anda mengerti dengan tata krama.

– Tetap berdiri sebelum diminta duduk
Ini juga menggambarkan bagaimana attitude anda dalam berkomunikasi dengan atasan nantinya.

– Berikan senyum terbaik dan tatap matanya
Berikan senyum ramah dan tatap matanya saat berhadapan dengan interviewer. Tindakan tersebut sebagai bukti rasa percaya diri anda dan juga fokus anda dalam acar wawancara ini.

– Katakan sejujurnya mengenai diri anda
Ceritakan mengenai diri anda dengan jujur menggunakan bahasa lugas dan tak bertele-tele.

– Perlihatkan antusiasme anda
Sikap antusias dalam wawancara akan ditangkap pewawancara sehingga ia akan beranggapan bahwa anda memang sangat tertarik dengan posisi pekerjaan yang anda lamar.

– Jika memang mampu, selingi dengan humor
Tiada jeleknya bila anda menyelingi sesi interview tersebut dengan sedikit humor ketika menjawab pertanyaan. Di samping sebagai cara mencairkan suasana, humor pun akan mengesankan jika anda merupakan pribadi yang ramah sekaligus hangat.

Baca Juga:  Cara Membuat Daftar Isi Paling Mudah dengan MS Word

– Haturkan terima kasih ketika sesi interview usai
Tidak boleh lupa menghaturkan terima kasih atas waktu dan kesempatan yang diberikan kepada interviewer.